Makna pembacaan ayat-ayat pilihan pada tradisi Wiridan di Pondok Pesantren Al-Fauziyah Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat

al-Hamidy, Zaky Zaenul Arif (2021) Makna pembacaan ayat-ayat pilihan pada tradisi Wiridan di Pondok Pesantren Al-Fauziyah Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi dengan suatu fenomena yang terjadi pada pondok pesantren yang menghidupkan Alquran. Fenomena yang dilakukan di pondok pesantren al-Fauziyah Ngamprah Kab, Bandung Barat dalam menghidupkan Alquran memiliki kesamaan dalam ayat Alquran namun memiliki perbedaan dalam makna pelaksanaan pembacaan ayat Alquran tersebut. Yang mana, pada kegiatan tersebut terdapat surah pilihan yang sudah ditentukan oleh pendiri pondok pesantren al-Fauziyah Ngamprah Kab. Bandung Barat dan sering dibacakan. Maka penelitian ini difokuskan kepada dua hal bagaimana makna dalam pembacaan ayat-ayat pilihan dalam tradisi wiridan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktek suatu tradisi pembacaan surat pilihan dilaksanan dalam tradisi wiridan dan bagaimana hasil dan apa makna dibalik pembiasaan membaca ayat pilihan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif (studi lapangan), dan metode analisis deskriptif yang dibantu dengan fenomenologi dan teknik pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan diadakannya pembiasaan membaca ayat-ayat pilihan pada tradisi wiridan di pondok pesantren al-Fauziyah Ngamprah Kab. Bandung Barat menjadikan emosi seorang santri dapat terkontrol dengan baik, memberikan ketenangan jiwa, lebih khusu’ dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT. adapun masyarakat sekitar yang selalu rutin mengikuti kegiatan ini menjadikan lebih yakin lagi bahwa segala keinginan pasti dapat terkabul apabila meminta dengan benar. Makna dari pada pembiasaan membaca ayat-ayat pilihan ini adalah memudahkan rizky, dikabulkan segala hajat yang diinginkan, menjauhkan diri dari kemaksiatan, dan disinari cahaya kebaikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Makna; Tradisi; Wiridan
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Zaky Zaenul Arif Al Hamidy
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:49
Last Modified: 14 Mar 2023 03:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40155

Actions (login required)

View Item View Item