Interaksi sosial guru dan santri dalam proses implementasi visi lembaga : Studi pada yayasan Darunnajah 2 Cipining Bogor

Mahmudah, Fina Zakiyatul (2021) Interaksi sosial guru dan santri dalam proses implementasi visi lembaga : Studi pada yayasan Darunnajah 2 Cipining Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
01_cover.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03_Daftarisi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04_bab1.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text
05_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text
06_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
07_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
08_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menkaji interaksi dan implementasi yang dilakukan guru untuk mengembangkan dan menerapkan sebuah visi pada suatu lembaga, adapun penelitian ini meneliti tentang pemahaman visi IMAMA (Imam, Muttaqin, Aqil, Mubaligh dan Amil) pada yayasan pondok pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pola hubungan, upaya dan dampak yang berpengaruh bagi guru dan santri atas pemahaman visi IMAMA pondok pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor. Pemikiran atas penelitian ini dikerangkai atas berbagai teori sosiologi yang berhubungan dengan kajian penelitian, dalam pendirian sebuah lembaga terdapat hal-hal yang menjadi pembiasaan dalam berkehidupan sosial khususnya dalam pondok pesantren. Atas pembiasaan tersebut menjadikannya sebuah visi yang berperan sebagai simbol yang memiliki esistensi lembaga yang menjadikannya sebagai cara berinteraksi yang disebut dengan interaksi simbolik, sasaran atas sebuah visi ini tentu mengarah pada guru dan santri pada pondok pesantren. Dalam pemahaman tersebut individu melewati beberapa fase sebelum menanamkan sebuah visi dalam segala tindakannya, dan hal tersebut tidak dapat dilakukan apabila tidak melalui interaksi yang tepat baik dari birokrasi lembaga yayasan pondok pesantren maupun guru-gurunya. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif, dari metode tersebut penelitian ini mencoba unuk mengulas secara rinci dan mendalam pada tiap tiap data yang telah diterima. Hasil dari penelitian ini ialah mengetahui bagaimana fakta dari interaksi yang dilakukan guru dan santri dengan analisis teori, yang menyimpulkan bahwa fakta yang ada dilapangan mendukung dan menguatkan teori ada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: interaksi sosial;implementasi;visi
Subjects: Social Theology and Interreligious Relations and Attitudes
Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Fina Zakiyatul Mahmudah
Date Deposited: 12 Jul 2021 01:35
Last Modified: 12 Jul 2021 01:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40506

Actions (login required)

View Item View Item