Nindyah, Ika Kusuma (2021) Analisis konsep Qaulan dalam Al-Qur’an sebagai model komunikasi pendidik dan peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (475kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam dunia pendidikan, komunikasi menjadi sebuah urgensi sebagai upaya menjadikan situasi dan kondisi pembelajaran dalam kelas maupun luar kelas menjadi sebuah hubungan yang dialogis dan komunikatif antara pendidik dan peserta didik. Efektivitas seorang pendidik dengan anak didiknya dalam pembelajaran ini bergantung pada seberapa efektif komunikasi yang digunakan, karena itulah komunikasi ini menjadi sebuah penentu seorang peserta didik apakah dapat menerima dan mengolah informasi atau tidak. Selain itu, banyak masalah peserta didik yang berhubungan dengan disiplin perilaku (psikologis), dapat diselesaikan dengan komunikasi timbal balik yang efektif dari pendidiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah terbentuknya sebuah model komunikasi antara pendidik dan peserta didik sesuai dengan konsep tujuh qaulan yang terdapat dalam ayat-ayat Al-Qur’an yang dilakukan dengan pendekatan komunikasi terapeutik. Rumusan masalah penelitian ini, pertama makna ketujuh qaulan dalam Al-Qur’an menurut para mufasir, kedua makna ketujuh qaulan dalam al-Qur’an bila dilihat dari perspektif komunikasi terapeutik, dan ketiga bagaimana konsep komunikasi terapeutik yang terdapat dalam ketujuh qaulan dalam Al-Qur’an sebagai model komunikasi pendidik dan peserta didik. Dalam penelitian ini yang menjadi kerangka pijakan yaitu bahwa Al-Qur’an sebagai pedoman dan petunjuk yang mana terdapat qaulan didalamnya, akan memberikan kontribusi pada manusia untuk mengetahui bagaimana seharusnya manusia dalam berkomunikasi, khususnya bagi seorang pendidik dalam melakukan komunikasinya dengan peserta didik. Metode dalam penelitian ini adalah metode dengan pendekatan kualitatif, menggunakan penelitian kepustakaan (library research), dan diungkap dengan gagasan dan pemikiran deskriptif analitik. Dalam pelaksanaannya, peneliti juga menggunakan metode tafsir maudhu’i atau tematik dengan menghimpun ayat yang mengandung kata qaulan berupa objek sasarannya, lalu dikaji pada aspek komunikasi terapeutiknya. Hasil dari penelitian ini yaitu beberapa model komunikasi pendidik dan peserta didik, diantaranya: pertama, konsep qaulan karima dan qaulan tsaqila menjadi prinsip dasar dalam berkomunikasi; kedua, konsep qaulan sadida menjadi model dari analisis diri seorang pendidik sebelum berkomunikasi; ketiga, konsep qaulan ma’rufa dan qaulan baligha menjadi model sikap dan penampilan pendidik dalam berkomunikasi; keempat, konsep qaulan maysura menjadi tahapan proses berkomunikasi pendidik; kelima, konsep qaulan layyina menjadi teknik pendidik dalam berkomunikasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Qaulan; Komunikasi Terapeutik; Model Komunikasi; Pendidik; Peserta didik |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ika Kusuma Nindyah |
Date Deposited: | 02 Aug 2021 01:56 |
Last Modified: | 02 Aug 2021 01:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/40943 |
Actions (login required)
View Item |