Implementasi Kebijakan Bandung Masagi: Studi kasus Peraturan Walikota No. 004 Tahun 2019 tentang pelaksanaan kurikulum pendidikan karakter pada penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan Anak Usia Dini & Pendidikan Dasar

Rafi, Andika Muhamad (2021) Implementasi Kebijakan Bandung Masagi: Studi kasus Peraturan Walikota No. 004 Tahun 2019 tentang pelaksanaan kurikulum pendidikan karakter pada penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan Anak Usia Dini & Pendidikan Dasar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy

Abstract

Bandung Masagi merupakan suatu kebijakan pendidikan karakter berbasis nilai kearifan lokal Budaya Sunda yang terdiri dari empat falsafah Sunda yang kemudian dituangkan dalam empat program yaitu cinta agama, cinta budaya, cinta lingkungan serta bela negara. Kebijakan ini dilatar belakangi dengan adanya masalah dalam dunia pendidikan masih terjadi seperti perundungan sehingga perlu adanya kebijakan untuk mengatasi masalah tersebut, dan terciptalah sebuah kebijakan yang bernama Bandung Masagi. Tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini adalah untuk mengetahui isi kebijakan, pelaksana kebijakan & kelompok sasaran, dan lingkungan dari pelaksanaan Kebijakan Bandung Masagi dengan studi kasus Peraturan Walikota Bandung No. 004 Tahun 2019. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan teori Grindle (Rusli, 2013) yang terdiri dari tiga dimensi yaitu Isi Kebijakan, Pelaksana Kebijakan & Kelompok Sasaran serta Lingkungan. Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitiaan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi langsung, wawancara, studi pustaka. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan Pengumpulan Data Reduksi Data, Penyajian Data serta Penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian maka ditarik kesimpulan bahwa Isi Kebijakan telah berjalan dengan sangat baik seperti pemahaman tentang Bandung Masagi dan pelaksanaannya, Pelaksana Kebijakan & Kelompok Sasaran telah berjalan sempurna seiring hubungan atau kerjasama antara sekolah dengan dinas telah berjalan dengan baik, Lingkungan Kebijakan pun masih terdapat hambatan, namun sekolah mempunyai solusi mengatasinya. Bandung Masagi is a character education policy based on local wisdom values of Sundanese culture which consists of four Sundanese philosophies which are then outlined in four programs, namely love of religion, love of culture, love of the environment and defense of the country. This policy is motivated by the existence of problems in the world of education that still occur such as bullying so that a policy is needed to overcome these problems, and a policy called Bandung Masagi is created. The purpose of the research conducted by this researcher is to determine the content of policies, policy implementers & target groups, and the environment of the implementation of the Bandung Masagi Policy with a case study of Bandung Mayor Regulation No. 004 of 2019. The theory used in this research is to use the Grindle theory (Rusli, 2013) which consists of three dimensions, namely Policy Content, Policy Implementer & Target Group and Environment. The research method that researchers use in research uses qualitative methods with a descriptive approach. Data collection techniques used were direct observation, literature study interviews. Meanwhile, the data analysis technique uses Data Reduction Data Collection, Data Presentation and Conclusion Drawing. Based on the research results, it is concluded that the content of the policy has gone very well, such as the understanding of Bandung Masagi and its implementation, the Policy Implementer & Target Group has been running perfectly as the relationship or collaboration between the school and the agency has gone well, the Policy Environment still has obstacles, however school has a solution to overcome it.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Pendidikan Karakter; Bandung Masagi
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Andika muhammad Rafi
Date Deposited: 28 Jul 2021 03:52
Last Modified: 28 Jul 2021 03:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41039

Actions (login required)

View Item View Item