Adnin, Saffanah Djehan (2021) Strategi media relations humas Perumda Tirtawening Kota Bandung dalam membangun reputasi perusahaan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (777kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (601kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
Abstract
Media massa merupakan sarana yang kerap digunakan oleh praktisi Public Relations dalam melaksanakan kegiatan komunikasi dengan publik – publiknya. Humas Perumda Tirtawening Kota Bandung merupakan salah satu perusahaan yang telah menyadari betapa pentingnya menjalin sinergitas yang positif dengan pihak media massa untuk membangun reputasi sebagai perusahaan yang bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh Perumda Tirtawening Kota Bandung dalam membangun hubungan yang harmonis dengan media massa menggunakan konsep strategi Media Relations dan Model Two-way Symmetric yang dikemukakan oleh Grunig, sehingga banyak media – media lokal yang memberikan pemberitaan yang memberikan dampak positif bagi perusahaan dalam membangun reputasi yang baik di mata publik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif-kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dari sudut pandang masyarakat atau cara seseorang dalam mengamati fenomena yang ada di sekitarnya. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme karena berusaha untuk memahami proses dan interaksi sosial yang terjadi antara praktisi Humas Perumda Tirtawening Kota Bandung dengan pihak media dengan mengkonstruksikan strategi Media Relations. Melalui pendekatan interpretatif penelitian ini dapat lebih menginterpretasikan data – data yang ada serta dapat menjelaskan bagaimana strategi Media Relations Humas Perumda Tirtawening Kota Bandung dalam membangun reputasi perusahaan. Hasil dari penelitian ini diinterpretasikan menggunakan konsep strategi Media Relations yang dikemukakan oleh Yosal Iriantara dengan membagikan strategi tersebut kedalam tiga tahapan, yaitu: 1) mengelola relasi, Humas Perumda Tirtawening membangun hubungan baik dengan pihak media dengan strategi membentuk tim media internal perusahaan, memilih dan memilah media yang tepat, dan melaksanakan program-program Media Relations. 2) mengembangkan strategi relasi dengan meningkatkan publisitas untuk meraih tujuan perusahaan. 3) mengembangkan jaringan, Humas Perumda Tirtawening Kota Bandung memanfaatkan relasi yang telah terjalin dengan melebarkan network-nya melalui strategi menjalin hubungan dengan organisasi profesi kewartawanan seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bandung, dan organisasi kemasyarakatan seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan komunitas lainnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Relations; Two-way Symmetric; Perumda Tirtawening Kota Bandung |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Relation of The State of Organized Groups General Management > General Publications of Management General Management > Planning and Strategic Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Saffanah Djehan Adnin |
Date Deposited: | 05 Aug 2021 06:06 |
Last Modified: | 05 Aug 2021 06:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/41077 |
Actions (login required)
View Item |