Intensitas siswa membaca Al-Quran di sekolah hubungannya dengan sikap sosial mereka : Penelitian di Kelas VIII SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung

Setyaningrum, Atika Putri (2020) Intensitas siswa membaca Al-Quran di sekolah hubungannya dengan sikap sosial mereka : Penelitian di Kelas VIII SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah, yakni terjadinya ketimpangan antara kondisi yang diharapkan dengan realitas yang ada. Berdasarkan studi pendahuluan mengenai intensitas siswa membaca Al-Qur’an di sekolah yang sebenarnya relatif baik, namun di sisi lain sikap sosial sebagian siswa masih menunjukkan kurang baik seperti, mengabaikan teguran guru, tidak berkata jujur, acuh tak acuh kepada teman, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas intensitas siswa membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Cileunyi, 2) Realitas sikap sosial siswa di SMP Negeri 1 Cileunyi, dan 3) Hubungan antara intensitas siswa membaca Al- Qur’an dengan sikap sosial mereka di SMP Negeri 1 Cileunyi. Penelitian ini bertitik tolak pada sebuah pemikiran bahwa sikap sosial siswa di sekolah salah satunya dapat dipengaruhi oleh intensitas mereka membaca Al-Qur’an yang dilaksanakan di sekolah. Hipotesis pada penelitian ini yaitu semakin tinggi intensitas siswa membaca Al-Qur’an, maka semakin baik pula sikap sosial mereka di sekolah. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah metode deskriptif-korelasional. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan studi kepustakaan dengan sampel sebanyak 49 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cileunyi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis parsial dan analisis korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Intensitas siswa membaca Al- Qur’an di sekolah dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3,90. Nilai tersebut berada pada interval 3,50-4,50. 2) Sikap sosial siswa di sekolah pun termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 4,10. Nilai tersebut berada pada interval 3,50-4,50. 3) Hubungan intensitas siswa membaca Al-Qur’an dengan sikap sosial mereka di sekolah memiliki koefisien korelasi sebesar 0,54 dan berada pada interval 0,40-0,60 yang artinya korelasinya sedang. Adapun hasil uji pengaruh, hipotesis menunjukkan bahwa thitung < ttabel yakni thitung (4,40) < ttabel (46,55) dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Begitupun koefisien determinasi sebesar 16% menunjukkan bahwa terdapat pengaruh walaupun dalam tingkatan rendah, hal ini menandakan bahwa masih terdapat 84% faktor lain yang dapat mempengaruhi sikap sosial siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Intensitas; Membaca Al-Qur’an; Sikap Sosial Siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atika Putri Setyaningrum
Date Deposited: 10 Aug 2021 05:58
Last Modified: 10 Aug 2021 06:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41492

Actions (login required)

View Item View Item