Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Qur'an Asy-Syifa Cicalengka Bandung)

Shelvia Rabiatul Adawiyyah, Shelvia (2017) Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Qur'an Asy-Syifa Cicalengka Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_babi.pdf

Download (850kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_babii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text (BAB III)
6_babiii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (BAB IV)
7_babiv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
[img] Text (BAB V)
8_babv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)

Abstract

Pondok pesantren Al-Qur’an Asy Syifa dalam manajemen pembelajaran haruslah mengacu pada pola manajerial umum yang diawali dengan perencanaan dan diakhiri evaluasi, sedangkan pondok pesantren salafiyyah yang bercorak mono manajerial dalam segala hal nya termasuk dalam pembelajaran kitab kuningnya yang menjadikan pembelajaran kitab di pondok pesantren hanya berlangsung alamiah. Manajemen pembelajaran kitab kuning yang diterapkan di pondok pesantren Al-Qur’an Asy Syifa yang pada faktanya adalah pondok pesantren yang masih menjaga tradisi salafiyyah serta belum secara detail menerapkan pola manajemen pembelajaran kitab kuning dengan sistematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar alamiah Pondok Pesantren Al-Qur’an Asy Syifa, perencanaan pembelajaran kitab kuning, pelaksanaan pembelajaran kitab kuning, dan evaluasi pembelajaran kitab kuning. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajemen pembelajaran menurut Davis dalam Haerana yakni, manajemen pembelajaran dalam empat fungsi, yaitu planning, organizing, leading dan controlling. Peran guru dalam melaksanakan fungsi manajemen pembelajaran itu sangatlah mendasar, sehingga guru dalam proses pembelajaran adalah seorang manajer karena guru bertugas mempersiapkan, mengorganisasikan, melaksanakan dan melakukan penilaian pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kategorisasi data penafsiran data. Adapun uji absah data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, cek teman sejawat, analisis kasus negatif, kecukupan referensi, uraian rinci dan auditing. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa, manajemen pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Al-Qur’an Asy Syifa dapat diuraikan dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran di pondok pesantren Asy Syifa ini berakar pada kemampuan santrinya itu sendiri, jika santri tersebut masih awam keilmuan pesantrennya dalam pembelajaran kitab maka disesuaikan dengan diorientasikan mempelajari kitab-kitab yang mendasar hingga yang tertinggi. Pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Asy Syifa dibagi menjadi dua sistem klasikal yaitu ibtida/tsanawi. Evaluasi pembelarajaran kitab kuning di pondok pesantren Al-Qur’an Asy Syifa berorientasi pada ketuntasan materi, satu kitab dipelajari secara terus menerus dan berulang-ulang hingga pada akhirnya santri memahami isi dan kandungan dari kitab yang dipelajarinya tersebut dengan sistem sorogan dan hafalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Kitab Kuning, Pondok Pesantren
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Shelvia Rabiatul Adawiyyah
Date Deposited: 18 Aug 2017 05:24
Last Modified: 06 Nov 2018 02:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4152

Available Versions of this Item

  • Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Qur'an Asy-Syifa Cicalengka Bandung). (deposited 18 Aug 2017 05:24) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item