Analisis pemahaman siswa pada materi Integral menurut kriteria Pollatsek : Penelitian di SMA Terpadu Baiturrahman

Wutsqo, Shofira Urwatul (2021) Analisis pemahaman siswa pada materi Integral menurut kriteria Pollatsek : Penelitian di SMA Terpadu Baiturrahman. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pembelajaran matematika, mengidentifikasi kemampuan pemahaman konsep siswa menurut kriteria Pollatsek, mengetahui faktor-faktor penyebab siswa kesulitan dalam memahmi konsep integral, serta solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi integral. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 2 SMA Terpadu Baiturrahman. Klasifikasi kemampuan pemahaman konsep menurut kriteria Pollatsek terdiri dari pemahaman komputasional dan pemahaman fungsional. Berdasarkan hasil penelitian pemahaman komputasional siswa masih tergolong rendah dan pemahaman fungsional tergolong sangat rendah. Penyebab siswa mengalami kesulitan memahami konsep integral dan kesulitan dalam menyelesaikan soal integral antara lain adalah bingung pengerjaan jawaban, lupa materi, ketidakpahaman pengunaan unsur konstanta atau C dalam integral tak tentu, jarang mengerjakan latihan soal aplikasi integral taktentu fungsi aljabar dan beberapa melakukan kekeliruan dalam melakukan operasi perhitungan. Solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi integral antara lain dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik, media pembelajaran interaktif, model pembelajaran discovery learning, dan alat perangkat pendukung pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Pemahaman; Kriteria Pollatsek; Integral
Subjects: Analysis, Theory of Functions
Analysis, Theory of Functions > Integral Calculus and Integral Equations
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Shofira Urwatul Wutsqo
Date Deposited: 06 Aug 2021 03:35
Last Modified: 06 Aug 2021 03:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41558

Actions (login required)

View Item View Item