Penerapan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, and Satisfaction (ARIAS) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik: Penelitian di MI Al-Azhar Majalaya Kabupaten Bandung

Solihah, Mudniyah (2020) Penerapan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, and Satisfaction (ARIAS) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik: Penelitian di MI Al-Azhar Majalaya Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan pada saat pembelajaran tematik berlangsung motivasi instrinsik atau motivasi yang ada pada diri siswa belum terbangun dengan baik sehingga siswa belum memiliki kesadaran yang tinggi untuk melakukan kegiatan belajar. Siswa belum maksimal dalam pembentukan lingkungan belajar yang baik, siswa mudah merasa bosan dalam belajar khususnya dalam pembelajaran Tematik dikarenakan belum adanya penguatan atau motivasi yang diberikan baik itu oleh guru, orang tua, maupun lingkungan belajar yang mendukung. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat menjawab permasalahan-permasalahan yang terjadi di kelas V MI Al Azhar Majalaya. Dengan menerapkan model ARIAS dapat mewujudkan pembelajaran yang lebih bermakna, dapat meningkatkan semangat siswa, dan dapat menumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1) proses penerapan model pembelajaran ARIAS pada pembelajaran tematik kelas V MI Al Azhar Kabupaten Bandung, 2) motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS, 3) peningkatan motivasi belajar siswa di kelas V MI Al Azhar Majalaya pada setiap siklusnya. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa motivasi belajar siswa dapat meningkat dengan menerapkan model pembelajaran ARIAS. Sehingga peneliti mengajukan hipotesis tindakan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS diduga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik. Metode penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al Azhar Majalaya yang berjumlah 15 siswa yakni 8 laki-laki dan 7 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas guru mencapai 91% dengan kriteria sangat baik, lalu meningkat pada siklus II mencapai 100% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh hasil 73,33% dengan kriteria sedang, dan meningkat pada siklus II yang memperoleh hasil 91,39% dengan kriteria sangat baik. Adapun Motivasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran ARIAS pada siklus I memperoleh hasil 80% dengan kriteria baik, dan meningkat pada siklus II memperoleh hasil 93,15% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan telah sesuai dengan tujuan yang diharapkan yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan perolehan hasil motivasi yang sangat baik. ENGLISH: This research is motivated by problems at the time of thematic learning progress motivation intrinsic that exists in student's self has not been well established so that students do not yet have a high awareness to perform the learning activities. Students did not have a maximal formation of a good learning environment, students easily feel bored in learning, especially in learning Thematic due to the lack of reinforcement or motivation is given either by teachers, parents, and supportive learning environment. So we need a learning model that can address the problems that occur in class V MI Al Azhar Majalaya. Applying the ARIAS model can realize the learning more meaningful, it can enhance the spirit of the students, and can cultivate high self-confidence in students. The purpose of this study was to determine, 1) The application process of ARIAS learning models on thematic class in V MI Al-Azhar Bandung Regency, 2) The learn of students motivation in thematic learning by using ARIAS learning model, 3) To increase the students learning motivation in class V MI Al Azhar Majalaya on each cycle. This research is based on the premise that student's motivation can be increased by applying ARIAS learning model. So the researcher put forward some action hypothesis that the application of ARIAS learning models allegedly can increase the students learning motivation in thematic learning. This research method is the method of Classroom Action Research (PTK) carried out in 2 cycles. Each cycle consists of 4 stages including planning, implementation, observation, and reflection. Technique of collecting data by using questionnaire, observation sheet of teacher activity and observation sheet of student activity. The subject of this research is fifth grade students of MI Al Azhar Majalaya totaling 15 students including 8 men and 7 women. Based on the results of the study show that the motivation of student learning by applying ARIAS learning model in the first cycle obtain the result of 80% with good criteria, and increased in the second cycle obtain the result of 93,15% with the criteria very well. In the firts cycle of teacher activity reaches 91% with the criteria very well, and then increased in the second cycle reaches 100% with the criteria very well. The activity of students in the first cycle obtain the result of 73,33% with the criteria was and is increased in the second cycle obtain the result of 91,39% with the criteria very well. Thus, the research of classroom action have been implemented in accordance with the expected goals that can improve learning motivation of students in thematic learning with the acquisition of a good motivation result.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran ARIAS; Motivasi; Pembelajaran Tematik
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mudniyah Solihah
Date Deposited: 09 Aug 2021 01:35
Last Modified: 09 Aug 2021 01:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41583

Actions (login required)

View Item View Item