Pengaruh Cost of Good Sold (COGS) dan Sales Growth terhadap Dividens Payout Ratio (DPR) melalui Earning After Tax (EAT) sebagai variabel mediasi pada perusahaan sektor Consumer Good Industry yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2011-2019

Ponirah, Ade (2021) Pengaruh Cost of Good Sold (COGS) dan Sales Growth terhadap Dividens Payout Ratio (DPR) melalui Earning After Tax (EAT) sebagai variabel mediasi pada perusahaan sektor Consumer Good Industry yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2011-2019. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISUI)
3_daftar isi.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy

Abstract

Dunia investasi kini semakin berkembang, menjadi sinyal baik bagi emiten mendapatkan sumber modal untuk kebutuhan operasional perusahaan. Namun tujuan investor berinvestasi tidak hanya semata-mata menyetorkan dananya melainkan bertujuan untuk mendapatkan imbal hasil di masa yang akan datang. Perusahaan dalam memaksimalkan dividend tentunya harus memaksimalkan laba perusahaan, karena jika laba yang dihasilkan tinggi kemungkinan besar perusahaan dapat membagikan dividend dengan nominal yang tinggi dengan memperhatikan berbagai faktor yang dapat menyebabkan naik turunnya tingkat laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Cost of Good Sold (COGS) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) secara parsial; (2) Pengaruh Sales Growth terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) secara parsial; (3) Pengaruh Earning After Tax (EAT) secara parsial; (4) Pengaruh Cost of Good Sold (COGS) dan Sales Growth terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) melalui Earning After Tax (EAT). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian dengan menggunakan analisis asumsi klasik, analisis asosiatif dan analisis jalur (path analysis). Analisis pada penelitian ini didukung dengan menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 23. Data yang digunakan adalah data sekunder dari website Bursa Efek Indomesia (www.idx.co.id). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara Cost of Good Sold (COGS) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan consumer good industry yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) peridoe 2011-2019 dengan hasil t hitung > t tabel (2,075 > 2,042) sehingga Ha diterima. Terdapat pengaruh tidak signifikan antara Sales Growth terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan consumer good industry yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) peridoe 2011-2019 karena t hitung < t tabel (1,458 < 2,042) sehingga Ho diterima. Terdapat pengaruh signifikan antara Earning After Tax (EAT) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan consumer good industry yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) peridoe 2011-2019. Dengan hasil t hitung > t tabel (4,237 > 2,042) sehingga Ha diterima. Adapaun Cost of Good Sold (COGS) berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) melalui Earning After Tax (EAT) nilai Z (2,702) dan p-value 0,006 < 0,050. Dan Sales Growth berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) melalui Earning After Tax (EAT) nilai Z (2,178) dan p-value 0,0296 < 0,050.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Cost of Good Sold (COGS); Sales Growth; Earning After Tax (EAT); Dividen Payout Ratio (DPR)
Subjects: Econmics > General Publications of Economic
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Ade Ponirah
Date Deposited: 10 Aug 2021 07:28
Last Modified: 10 Aug 2021 07:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41740

Actions (login required)

View Item View Item