Pengembangan E-modul matematis berbasis masalah bernuansa Islami dengan model ADDIE

Akhiroh, Muhibatur Rohmatul (2021) Pengembangan E-modul matematis berbasis masalah bernuansa Islami dengan model ADDIE. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

Saat pandemi COVID-19, tuntutan guru untuk mengembangkan Elektronik Modul menjadi prioritas. Namun banyak kendala yaitu sebagian guru dan siswa belum paham dengan teknologi, begitupun kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan: (a) proses pengembangan e-modul matematis berbasis masalah bernuansa islami; (b) keabsahan validitas, kepraktisan dan efektivitas e-modul matematis berbasis masalah bernuansa islami; (c) tanggapan guru terhadap pengembangan e-modul matematis berbasis masalah bernuansa islami. Penelitian ini dilakukan di MTs Ell Firdaus 2 Kedungreja. Menggunakan metodelogi penelitian R&D dengan model ADDIE. Instrumen yang digunakan: (a) lembar validasi, (b) lembar kepraktisan; (c) tes kemampuan pemecahan masalah; (d) pedoman wawancara. Hasil penelitian dan pengolahan data menunjukkan: (a) proses pengembangan melalui 5 tahap yaitu: Analyse, Design, Development, Implementation, Evaluation dilalui dengan baik sehingga menghasilkan produk yang layak; (b) e-modul matematika bernuansa islami memiliki keabsahan validitas dengan kategori valid, kepraktisan dengan kategori sangat praktis dan keefektivan dengan kategori efektiv; (c) guru memberi tanggapan positif terhadap pengembanhan e-modul matematis berbasis masalah bernuansa islami. E-modul matematis berbasis masalah bernuansa islami memberi kemudahan memahami materi sehingga mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan e-modulj bernuansa islami; pemecahan masalah matematis
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhibatur Rohmatul Akhiroh
Date Deposited: 12 Aug 2021 07:04
Last Modified: 12 Aug 2021 07:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/41821

Actions (login required)

View Item View Item