Perkembangan berpikir simbolik anak usia dini melalui media buku Play and Study : Kuasi eksperimen di kelompok b RA Al-Hurriyyah Cicalengka kabupaten Bandung

Nurwanda, Nabila Qolbi (2019) Perkembangan berpikir simbolik anak usia dini melalui media buku Play and Study : Kuasi eksperimen di kelompok b RA Al-Hurriyyah Cicalengka kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bermula dari ditemukannya permasalahan di RA Al-Hurriyyah Cicalengka Kabupaten Bandung tentang perkembangan berpikir simbolik anak yang belum berkembang dengan baik. Hal ini terlihat dari anak yang masih kebingungan ketika diberikan persoalan mengenai konsep angka dan lambang bilangan. Seperti menyebutkan lambang bilangan sesuai yang ditunjuk oleh guru, memasangkan lambang bilangan sesuai jumlah benda, menjumlahkan dan mengurangi benda, serta konsep lambang bilangan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perkembangan berpikir simbolik anak usia dini pada Kelompok B RA Al-Hurriyyah Cicalengka Kabupaten Bandung dengan media buku play and study; 2) Perkembangan berpikir simbolik anak usia dini pada Kelompok B RA Al-Hurriyyah Cicalengka Kabupaten Bandung dengan media lembar kerja siswa; 3) Perbedaan perkembangan berpikir simbolik anak usia dini dengan menggunakan media buku play and study dan media lembar kerja siswa pada Kelompok B RA Al-Hurriyyah Cicalengka Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertolak pada suatu pemikiran bahwa media buku play and study merupakan sebuah media yang menyenangkan dimainkan anak, berisi tantangan memecahkan masalah yang harus diselesaikan anak dengan gambar yang menarik, dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak dan salah satunya membantu perkembangan berpikir simbolik anak. Adapun hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan perkembangan berpikir simbolik anak melalui penggunaan media buku play and study dengan lembar kerja siswa di Kelompok B RA Al-Hurriyyah Cicalengka Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Kuasi eksperimen merupakan metode penelitian yang menguji hipotesis berbentuk hubungan sebab akibat dengan cara melibatkan kelompok kontrol disamping kelompok eksperimen, namun pemilihan kedua kelompok tersebut tidak dengan teknik random. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa Kelompok B RA Al-Huriyyah Cicalengka Kabupaten Bandung dan sampel menggunakan dua kelas yaitu kelas B1 dan B2 sebanyak 30 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan berpikir simbolik anak pada kelas eksperimen menggunakan media buku play and study pada saat pretest mendapatkan nilai rata-rata sebesar 56 dengan kategori kurang baik dan postest sebesar 81 dengan kategori sangat baik. Sedangkan perkembangan berpikir simbolik anak pada kelas kontrol dengan menggunakan media lembar kerja siswa pada saat pretest mendapatkan nilai rata-rata sebesar 61 dengan kategori cukup dan postest sebesar 68 dengan kategori cukup. Perbedaan perkembangan berpikir simbolik menggunakan media buku play and study dengan menggunakan lembar kerja siswa memiliki perbedaan yang signifikan, hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai t_hitung sebesar 4,037 lebih besar dari t_tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,048.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan; Media; Buku Play and Study: Berpikir Simbolik
Subjects: Applied Linguistics > Reading
Analysis, Theory of Functions > Other Analytic Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nabila Qolbi Nurwanda
Date Deposited: 19 Aug 2021 00:23
Last Modified: 19 Aug 2021 00:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42008

Actions (login required)

View Item View Item