Tanggapan siswa terhadap penggunaan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an hubungannya dengan kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an : Penelitian korelasional pada siswa kelas VIII di MTs Al-Muhajirin Purwakarta

Yanti, Ravita Astri Fitri (2021) Tanggapan siswa terhadap penggunaan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an hubungannya dengan kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an : Penelitian korelasional pada siswa kelas VIII di MTs Al-Muhajirin Purwakarta. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (612kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa pembelajaran Al-Qur’an di MTs Al-Muhajirin Purwakarta menggunakan metode ummi yang dianggap positif, karena sangat membantu serta memberikan efek yang baik terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Namun, disisi lain timbulnya kesenjangan dalam kemampuan membaca Al-Qur’annya. Kesenjangan ini timbul karena masih banyak siswa yang dalam kemampuan membaca Al-Qur’annya kurang lancar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan metode ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an; 2) Kemampuan membaca Al-Qur’an mereka dalam pembelajaran Al-Qur’an; 3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan metode ummi dengan kemampuan membaca Al-Qur’an mereka di MTs Al-Muhajirin Purwakarta. Penelitian ini bertolak pada pemikiran, bahwa baik buruknya kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an salah satunya di pengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap penggunaan metode ummi. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah semakin baik tanggapan siswa terhadap penggunaan metode ummi, maka semakin tinggi pula kemampuan membaca Al-Qur’an mereka. Begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan menggunakan metode deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, tes, wawancara, dan studi dokumen. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan diambil dari keseluruhan populasi yakni 79 siswa. Analisis data dilakukan dengan data logika dari data kualitatif dan data statistika dari data kuantitatif, yaitu dilakukan dengan analisis parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan metode ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an (variabel X) berkategori sangat positif (4,26) berada pada interval 4,20 – 5,0; (2) Realitas kemampuan membaca Al-Qur’an (variabel Y) berkategori sedang (78,19) berada pada kriteria penilaian 70 – 80; (3) Realitas hubungan antara keduanya memperoleh (a) Koefisien Korelasi termasuk pada kategori sangat tinggi (0,94) berada pada rentang 0,90 – 1,00 ; (b) Hipotesisnya diterima, yaitu terdapat korelasi antara tanggapan siswa terhadap penggunaan metode ummi dengan kemampuan membaca Al-Qur’an, berdasarkan = 23,982 > = 1,991; (c) Kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 88,36% yang artinya terdapat 11,64% faktor lain yang dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an di MTs Al-Muhajirin Purwakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; Metode Ummi; Kemampuan Membaca Al-Qur’an;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ravita Astri Fitri Yanti
Date Deposited: 26 Aug 2021 06:30
Last Modified: 26 Aug 2021 07:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42103

Actions (login required)

View Item View Item