Efektivitas metode Blended Learning berbantuan Microsoft Sway untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa

Andayani, Andayani (2021) Efektivitas metode Blended Learning berbantuan Microsoft Sway untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis dengan menggunakan metode blended learning antara siswa yang memperoleh pembelajaran melalui aplikasi sway dengan siswa yang memperoleh pembelajaran melalui power point. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen yang dilakukan di SMP Negeri 1 Sukaresmi Cianjur dengan sampel kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen 2 pada materi lingkaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data n-gain, diperoleh: (a) gambaran proses pembelajaran guru dan siswa pada materi lingkaran menggunakan metode blended learning berbantu aplikasi sway berada pada kategori sangat baik; (b) peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada kelas yang memperoleh pembelajaran metode blended learning berbantu aplikasi sway lebih tinggi secara signifikan dari pada kelas yang memperoleh pembelajaran metode blended learning berbantuan power point; (c) diperoleh skor effect size (1,92) > 1,00, berada pada interpretasi strong effect atau efek tinggi. Dengan kata lain bahwa metode blended learning berbantu aplikasi sway mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (d) terdapat perbedaan pencapaian disposisi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran metode blended learning berbantu aplikasi sway dan siswa yang memperoleh pembelajaran metode blended learning berbantuan power point.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah; Disposisi Matematis; Metode Blended Learning; Microsoft Sway
Subjects: Education > Statistic of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Mathematics > Philosopy and Theory of Mathematics
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: andayani andayani
Date Deposited: 01 Sep 2021 00:12
Last Modified: 01 Sep 2021 00:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42334

Actions (login required)

View Item View Item