Safitri, Irma Erviana (2021) Layanan bimbingan dan konseling dalam menanggulangi permasalahan siswa selama pembelajaran daring : Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (830kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (18MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (23MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Sejak adanya pandemi covid-19, metode pembelajaran daring digigunakan agar proses pembelajaran dapat tetap berlangsung. Pembelajaran daring ternyata menimbulkan masalah bagi siswa. Fokus penelitian ini meliputi tiga aspek, yaitu program, proses, dan hasil layanan bimbingan dan konseling selama pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) program, 2) proses, 3) hasil layanan bimbingan dan konseling dalam menanggulangi permasalahan siswa selama pembelajaran daring di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa layanan bimbingan konseling terdiri dari tiga unsur yaitu proses pemberian bantuan bimbingan dan konseling, konselor, konseli, dan tujuan layanan bimbingan konseling yakni perbaikan untuk yang dibimbing yang meliputi dalam memahami dirinya sendiri, mengantur kehidupannya sendiri, memperluas pandanganya, dan mengembangkan kemampuannya, dalam system pendidikan yang diselenggarakan secara demokratis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu memberikan gambaran secara sistematis factual dan aktual mengenai layanan bimbingan konseling dalam menanggulangi permasalahan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian layanan bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung selama pembelajaran daring memiliki empat komponen program yaitu layanan dasar, layanan responsif, layanan peminatan dan perencanaan individual, dan dukungan sistem. Bentuk layanan yang sering diberikan dalam situasi pandemi yaitu bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, konseling individu, konsultasi, kolaborasi, kotak masalah, dan mengikuti webinar untuk meningkatkan mutu layanan. Maka dapat disimpulkan layanan bimbingan konseling di MAN 2 cukup dapat menanggulangi permasalahan siswa selama pembelajaran daring.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan; bimbingan dan konseling; pembelajaran daring |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Irma Erviana Safitri |
Date Deposited: | 07 Sep 2021 02:40 |
Last Modified: | 07 Sep 2021 02:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/42860 |
Actions (login required)
View Item |