Pembelajaran kosakata bahasa Arab menggunakan aplikasi “Learn Arabic” dan pengaruhnya terhadap terhadap peningkatan hasil belajar siswa : Studi quasi eksperimen pada siswa kelas VII MTs Salafiyah Al-Falah Bojongsoang Kab. Bandung

Maulana, Hilman (2020) Pembelajaran kosakata bahasa Arab menggunakan aplikasi “Learn Arabic” dan pengaruhnya terhadap terhadap peningkatan hasil belajar siswa : Studi quasi eksperimen pada siswa kelas VII MTs Salafiyah Al-Falah Bojongsoang Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (922kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
المراجع.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)

Abstract

Penerapan Pembelajaran menggunakan aplikasi Learn Arabic Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan kosa kata (Quasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII Mts Salafiyah Alfalah Bojong Soang). Berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan di Kelas VII Mts Salafiyah Alfalah Bojong Soang. Melalui wawancara kepada siswa dan guru mata pelajaran Bahasa Arab diperoleh informasi bahwa tingkat hasil belajar siswa masih relatif rendah. Rendahnya tingkat hasil belajar siswa ini disebabkan oleh berbagai faktor. Ada faktor internal berupa keadaan diri siswa itu sendiri dan faktor eksternal seperti orang tua, guru, media dan metode pembelajaran yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Arab Kelas VII Mts Salafiyah Alfalah Bojong Soang yang menggunakan metode pembelajaran menggunakan aplikasi Learn Arabic dan pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Arab Kelas VII Mts Salafiyah Alfalah Bojong Soang yang menggunakan metode pembelajaran Aplikasi Learn Arabic dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini didasarkan dari pemikiran bahwa metode pembelajaran menggunakan aplikasi Learn arabic merupakan metode yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, hipotesis yang diajukan adalah hasil pembelajaran Bahasa Arab siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Learn Arabic lebih baik daripada hasil pembelajaran siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen pada siswa Kelas VII Mts Salafiyah Alfalah Bojong Soang dengan populasi 265 siswa sedangkan sampel berjumlah 22 orang pada kelas eksperimen dan 22 orang pada kelas control. Teknik pengumpulan datanya dengan pemberian tes berupa pretest dan posttest serta penyebaran angket. Kemudian untuk analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor post-test uji Mann Whithney (Asymp. Sig. (2- tailed)) sebesar 0,000 itu berarti hipotesis diterima karena Zhitung 0,000 < Ztabel 0,05 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol setelah pemberian perlakuan khusus berupa metode pembelajaran menggunakan aplikasi Learn arabic. Juga diperoleh temuan yaitu rata-rata skor tes awal kelas eksperimen = 44,68 ini menunjukan kemampuan awal siswa tentang materi yang disajikan masih sangat rendah karena umumnya siswa masih belum mempelajari materi tersebut. Dalam mengerjakan tes awal ini siswa terlihat sangat bingung dan menerka jawaban sebisanya karena belum mempelajari materi tersebut. Setelah diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Learn arabic diadakan tes akhir dengan hasil skor rata-rata = 81,5 Terjadinya peningkatan hasil tes ini karena siswa mampu mencari informasi mengenai materi yang dipelajari dari berbagai sumber serta mendiskusikannya kembali bersama teman dan guru sehingga siswa menjadi lebih mengerti tentang materi tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Learn Arabic; hasil belajar;
Subjects: Arabic
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hilman Maulana
Date Deposited: 08 Sep 2021 06:41
Last Modified: 08 Sep 2021 06:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42920

Actions (login required)

View Item View Item