Pengaruh Net Working Capital dan Leverage terhadap Cash Holding pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Surya Citra Media Tbk

Yuniardi, Candra (2021) Pengaruh Net Working Capital dan Leverage terhadap Cash Holding pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Surya Citra Media Tbk. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy

Abstract

Persaingan dan kemajuan teknologi informasi memberikan peluang sekaligus tantangan bagi perusahaan dalam mengembangkan usahanya. Media dan periklanan menjadi sektor perusahaan yang lebih diuntungkan berkat hal tersebut. Kondisi yang semakin cepat dan menuntut inovasi, membuat perusahaan mesti selalu siap untuk bertahan menghadapi setiap tantangan zaman. Salah satu faktor yang menunjangnya adalah ketersediaan kas perusahaan guna pemenuhan kewajiban dan modal menciptakan inovasi lainnya Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Net Working Capital secara parsial terhadap Cash Holding pada PT. Surya Citra Media Tbk; mengetahui pengaruh Leverage secara parsial terhadap Cash Holding pada PT. Surya Citra Media Tbk; mengetahui pengaruh Net Working Capital dan Leverage secara simultan terhadap Cash Holding pada PT. Surya Citra Media Tbk. Kerangka pemikiran penelitian adalah Net Working Capital dan Leverage berpengaruh negatif terhadap Cash Holding, karena Net Working Capital dapat menjadi substitusi bagi Cash Holding dan perusahaan akan menggunakan kas yang dimilikinya sebagai salah satu sumber modal kerja. Selain itu, kas juga digunakan untuk memenuhi kewajiban perusahaan seperti utang jangka pendek. Ketika Net Working Capital naik maka penurunan terjadi pada Cash Holding. Begitu juga dengan Leverage, kenaikan pada Leverage akan menyebabkan penurunan tingkat Cash Holding. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. Surya Citra Media Tbk periode 2010-2019. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi berganda, korelasi pearson product moment dan korelasi berganda, koefisien determinasi serta analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Net Working Capital tidak berpengaruh terhadap Cash Holding dengan koefisien determinasi sebesar 3,9%. Sementara Leverage secara parsial berpengaruh terhadap Cash Holding dan memiliki nilai koefisien determinasi sebesar 52%. Secara simultan Net Working Capital dan Leverage berpengaruh terhadap Cash Holding dengan nilai koefisien determinasi yang ada sebesar 71,5% pada PT. Surya Citra Media Tbk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Net Working Captal; Leverage; Cash Holding;
Subjects: Financial Economics, Finance
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Candra Yuniardi
Date Deposited: 14 Sep 2021 06:13
Last Modified: 14 Sep 2021 06:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42986

Actions (login required)

View Item View Item