Pengaruh Current Ratio (CR) dan Gross Profit Margin (GPM) terhadap Price Earning Ratio (PER) pada PT. Aneka Tambang, Tbk. periode 2010-2020 yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII)

Anuar, Riski (2021) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Gross Profit Margin (GPM) terhadap Price Earning Ratio (PER) pada PT. Aneka Tambang, Tbk. periode 2010-2020 yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarputaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy

Abstract

Current Ratio (CR) merupakan salah satu indikator dari rasio likuiditas yang paling umum digunakan untuk menggambarkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya yang telah jatuh tempo. Dan Gross Profit Margin (GPM) merupakan rasio yang dapat digunakan untuk mengukur efisiensi produksi, penentuan harga jual dan keuntungan yang diperoleh setelah produk tersebut dijual oleh perusahaan. Sedangkan Price Earning Ratio (PER) merupakan perbandingan antara harga pasar saham pada saat tertentu dengan laba per lembar saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh CR terhadap PER secara parsial, seberapa besar pengaruh GPM terhadap PER dan seberapa besar pengaruh CR dan GPM terhadap PER secara simultan pada PT. Aneka Tambang, Tbk. Berdasarkan kerangka berpikir diketahui bahwa variabel CR dan GPM sebagai variabel bebas dan PER sebagai variabel terikat. Semakin tinggi nilai CR maka memberikan pengaruh negatif terhadap PER karena banyaknya dana yang menganggur pada perusahaan. Kemudian semakin tinggi nilai GPM maka memberikan pengaruh positif terhadap PER karena perusahaan dapat membiayai berbagai operasional pada perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Aneka Tambang, Tbk. periode 2010-2020 yang telah dipublikasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana dan berganda, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for Windows Versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh CR secara parsial tidak berpengaruh terhadap PER dengan nilai thitung 3,0% sedangkan sisanya sebesar 9,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. GPM secara parsial tidak berpengaruh terhadap PER dengan nilai thitung 9,3% Sedangkan sisanya sebesar 90,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. CR dan GPM tidak berpengaruh terhadap PER secara simultan dengan nilai thitung 9,3% sedangkan sisanya sebesar 90,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Gross Profit Margin (GPM); Price Earning Ratio (PER);
Subjects: Econmics > Economic Situation and Conditions
Administration of Economy > Departments of Mining
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Riski Anuar
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:30
Last Modified: 09 Sep 2021 03:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43045

Actions (login required)

View Item View Item