Nurdiana, Hana (2021) Bimbingan dan konseling untuk mencegah prokrastinasi akademik siswa Madrasah Aliyah : Penelitian di MA Al-Aliyah Jl. Jend. Sudirman No.15, Wancimekar, Kec.Kotabaru, Kabupaten Karawang,Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (170kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_datarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan adalah aspek yang penting untuk manusia supaya membuat cerdas kehidupan bangsa juga mengembangkan manusia seutuhnya. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal mengharuskan siswa untuk dan menyelesaikan berbagai tugas. Permasalahan yang tak jarang ditemui dalam proses belajar di sekolah yaitu prokrastinasi akademik, dimana siswa menunda-nunda tugas yang sudah diberikan. Para prokrastinator suka melakukan menunda kemudian menggantinya dengan melakukan perbuatan yang tidak penting juga cenderung ke arah negatif. Prokrastinasi yang berkepanjangan bisa mengganggu produktivitas seseorang juga bisa mengganggu kondisi seseorang secara psikis. Dengan demikian, guru bimbingan dan konseling (BK) sekolah perlu berupaya agar melakukan pencegahan prokrastinasi akademik dengan memberi layanan bimbingan dan konseling pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan agar mengetahui karakteristik siswa yang melakukan prokrastinasi akademik kelas XI di MA Al-Aliyah, mengetahui layanan bimbingan konseling yang sesuai untuk mencegah prokrastinasi akademik peserta didik juga mengetahui hasil dari layanan bimbingan konseling untuk mencegah prokrastinasi akademik. Landasan pemikiran pada penelitian ini yaitu layanan bimbingan dan konseling yang berfokus pada tingkah laku prokrastinasi akademik peserta didik kelas XI di MA Al-Aliyah. Peneliti ingin mengetahui karakteristik danperilaku dari siswa yang melakukan prokrastinasi akademik sehingga diketahui layanan bimbingan konseling yang cocok untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Metode yang dipakai dalam penelitian bersifat kualitatif. Metode ini berfokus pada data yang bersifat deskriptif kualitatif yang digambarkan secara sistematis dan aktual berdasarkan fakta yang ada untuk mendapatkan pemecahan masalah yang tepat melalui observasi serta wawancara. Sesuai dengan hasil penelitian ini yang sudah dilakukan, bisa di ambil kesimpulan bahwa perilaku prokrastinator yang belum disadari dengan alasan beragam. Adapun layanan bimbingan dan konseling di MA Al-Aliyah yang paling efektif mencegah prokrastinasi akademik yaitu dengan menggunakan layanan konseling individu yang dilakukan bertahap sehingga siswa mempunyai kesadaran tentang hakikat juga tanggung jawab menjadi seorang pelajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan dan Konseling; Prokrastinasi Akademik; Siswa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Hana Nurdiana |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 01:53 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 02:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43052 |
Actions (login required)
View Item |