Priatna, Rapi (2021) Pengembangan media pembelajaran App Inventor untuk meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik pada materi gelombang berjalan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (584kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran App Inventor merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan HOTS peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran App Inventor, keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, dan peningkatan HOTS peserta didik pada materi gelombang berjalan. Metode yang digunakan yaitu research and development dengan tahapan model 4D (define, design, development, dan dissemination). Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase lembar validasi, lembar keterlaksanaan pembelajaran, uji paired sample t-test, dan N-gain. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 4 MAN 2 Bandung yang berjumlah 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran App Inventor sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan rata-rata hasil validasi dan uji coba skala kecil sebesar 95%, keterlaksanaan kegiatan pembelajaran masuk pada kategori sangat baik dengan rata-rata persentase aktivitas guru sebesar 94,6% dan peserta didik 92,8%, hasil pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05 memperoleh nilai thitung sebesar 44,117 dan ttabel sebesar 2,0345 (thitung > ttabel) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik setelah belajar dengan media pembelajaran App Inventor pada materi gelombang berjalan, serta peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik masuk pada kategori tinggi dengan nilai N-gain sebesar 0,75.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | App Inventor;HOTS;gelombang berjalan;media pembelajaran. |
Subjects: | Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rapi Priatna |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 03:54 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43054 |
Actions (login required)
View Item |