Model Direct Instruction berbantu multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada materi usaha dan energi

Wandira, Ayu (2021) Model Direct Instruction berbantu multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (729kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran dan perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah diterapkan model Direct instruction berbantu multimedia interaktif dan model konvensional pada materi usaha dan energi. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen, dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAI Yappas Al-Barokah, dengan sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-IPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 peserta didik dan kelas X-IPA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 20 peserta didik yang dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan peserta didik, angket peserta didik, dan soal tes kemampuan kognitif peserta didik. Teknik analisis data menggunakan perhitungan lembar observasi, angket peserta didik, N-gain, dan uji t. Hasil penelitian menunjukan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen 82,78% interpretasi sangat baik dan kelas kontrol 71,85 interpretasi baik. Rata-rata N-gain pada kelas ekspermen adalah 0,58 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,29 dengan kategori rendah. Hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test menunjukan nilai t_hitung (3,56)>t_tabel (2,02), sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik yang belajar dengan model direct instruction berbantu multimedia interaktif dan model konvensional pada materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Direct Instruction Berbantu Multimedia Interaktif; Model Konvensional; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Christianity > Education, Research
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ayu Wandira
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:25
Last Modified: 09 Sep 2021 04:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43066

Actions (login required)

View Item View Item