Wandira, Ayu (2021) Model Direct Instruction berbantu multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (729kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran dan perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah diterapkan model Direct instruction berbantu multimedia interaktif dan model konvensional pada materi usaha dan energi. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen, dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAI Yappas Al-Barokah, dengan sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-IPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 peserta didik dan kelas X-IPA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 20 peserta didik yang dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan peserta didik, angket peserta didik, dan soal tes kemampuan kognitif peserta didik. Teknik analisis data menggunakan perhitungan lembar observasi, angket peserta didik, N-gain, dan uji t. Hasil penelitian menunjukan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen 82,78% interpretasi sangat baik dan kelas kontrol 71,85 interpretasi baik. Rata-rata N-gain pada kelas ekspermen adalah 0,58 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,29 dengan kategori rendah. Hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test menunjukan nilai t_hitung (3,56)>t_tabel (2,02), sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik yang belajar dengan model direct instruction berbantu multimedia interaktif dan model konvensional pada materi usaha dan energi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Direct Instruction Berbantu Multimedia Interaktif; Model Konvensional; Hasil Belajar Kognitif |
Subjects: | Christianity > Education, Research Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Ayu Wandira |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 04:25 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 04:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43066 |
Actions (login required)
View Item |