Syafitri, Asri (2021) Perencanaan strategis Lembaga Amil Zakat Al-Kahfi Peduli dalam meningkatkan kualitas daya saing: Studi deskriptif LAZ Al-Kahfi Peduli Jl. Perjuangan No.44 Tambun Selatan, Kab. Bekasi, Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (189kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
Abstract
Eksistensi Lembaga Amil Zakat Al-Kahfi Peduli telah diakui oleh sebagian besar warga Kabupaten Bekasi, yang dibuktikan dengan ±500 relawan zakat dan 40 MPZ (Mitra Pengumpul Zakat) binaan LAZ Al-Kahfi Peduli yang sudah tersebar hingga ke pelosok daerah Kabupaten Bekasi. Hal tersebut telah menjadi kekuatan daya saing bagi lembaga sehingga LAZ Al-Kahfi Peduli mampu memiliki daya tarik di tengah masyarakat. Dalam menciptakan keunggulan bersaing, perencanaan strategis merupakan aspek dasar yang mempengaruhi kualitas daya saing sebuah lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategic intent (tujuan strategis), strategic mission (misi strategis), dan strategic flexibility (fleksibilitas strategis) yang diterapkan dalam Lembaga Amil Zakat Al-Kahfi Peduli. Ketiga langkah strategis tersebut merupakan komponen manajemen perencanaan strategis dalam meningkatkan kualitas daya saing yang dijelaskan dalam buku berjudul Manajemen Strategik karya Taufiqurokhman. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan motode deskriptif. Teknik dalam mengumpulkan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi literatur terkait. Data dalam penelitian ini diperoleh dari informan sebanyak 6 orang pegawai lembaga, dan 2 orang warga masyarakat. Hasil penelitian Perencanaan Strategis Lembaga Amil Zakat Al-Kahfi Peduli menunjukan bahwa terdapat 3 komponen dalam strategic intent, yakni: 1. Stretch, 2. Foresight, 3. Leverage. Pada strategic mission, LAZ Al-Kahfi Peduli memiliki 4 misi strategis, dan terdapat 4 strategic flexibility yakni: 1. Fleksibilitas pembagian kelas kerja 2. Fleksibilitas kepemimpinan 3. Fleksibilitas penyaluran ilmu, dan 4. Fleksibilitas tim kerja, yang telah berhasil mewujudkan daya saing Lembaga Amil Zakat Al-Kahfi Peduli yang prima.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan Strategis; Daya Saing; Lembaga Zakat |
Subjects: | Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial Social Groups Planning, Anaysis, Engineering Design |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Asri Syafitri |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 01:30 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 01:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43208 |
Actions (login required)
View Item |