Perencanaan strategis Lembaga Amil Zakat Al-Kahfi Peduli dalam meningkatkan kualitas daya saing: Studi deskriptif LAZ Al-Kahfi Peduli Jl. Perjuangan No.44 Tambun Selatan, Kab. Bekasi, Jawa Barat

Syafitri, Asri (2021) Perencanaan strategis Lembaga Amil Zakat Al-Kahfi Peduli dalam meningkatkan kualitas daya saing: Studi deskriptif LAZ Al-Kahfi Peduli Jl. Perjuangan No.44 Tambun Selatan, Kab. Bekasi, Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Eksistensi Lembaga Amil Zakat Al-Kahfi Peduli telah diakui oleh sebagian besar warga Kabupaten Bekasi, yang dibuktikan dengan ±500 relawan zakat dan 40 MPZ (Mitra Pengumpul Zakat) binaan LAZ Al-Kahfi Peduli yang sudah tersebar hingga ke pelosok daerah Kabupaten Bekasi. Hal tersebut telah menjadi kekuatan daya saing bagi lembaga sehingga LAZ Al-Kahfi Peduli mampu memiliki daya tarik di tengah masyarakat. Dalam menciptakan keunggulan bersaing, perencanaan strategis merupakan aspek dasar yang mempengaruhi kualitas daya saing sebuah lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategic intent (tujuan strategis), strategic mission (misi strategis), dan strategic flexibility (fleksibilitas strategis) yang diterapkan dalam Lembaga Amil Zakat Al-Kahfi Peduli. Ketiga langkah strategis tersebut merupakan komponen manajemen perencanaan strategis dalam meningkatkan kualitas daya saing yang dijelaskan dalam buku berjudul Manajemen Strategik karya Taufiqurokhman. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan motode deskriptif. Teknik dalam mengumpulkan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi literatur terkait. Data dalam penelitian ini diperoleh dari informan sebanyak 6 orang pegawai lembaga, dan 2 orang warga masyarakat. Hasil penelitian Perencanaan Strategis Lembaga Amil Zakat Al-Kahfi Peduli menunjukan bahwa terdapat 3 komponen dalam strategic intent, yakni: 1. Stretch, 2. Foresight, 3. Leverage. Pada strategic mission, LAZ Al-Kahfi Peduli memiliki 4 misi strategis, dan terdapat 4 strategic flexibility yakni: 1. Fleksibilitas pembagian kelas kerja 2. Fleksibilitas kepemimpinan 3. Fleksibilitas penyaluran ilmu, dan 4. Fleksibilitas tim kerja, yang telah berhasil mewujudkan daya saing Lembaga Amil Zakat Al-Kahfi Peduli yang prima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Strategis; Daya Saing; Lembaga Zakat
Subjects: Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Social Groups
Planning, Anaysis, Engineering Design
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Asri Syafitri
Date Deposited: 13 Sep 2021 01:30
Last Modified: 13 Sep 2021 01:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43208

Actions (login required)

View Item View Item