Efektivitas penggunaan media sosial instagram sebagai media dakwah mahasiswa : Studi deskriptif kuantitatif pada akun instagram Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM) UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Sari, Wulan Novita (2021) Efektivitas penggunaan media sosial instagram sebagai media dakwah mahasiswa : Studi deskriptif kuantitatif pada akun instagram Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena penggunaan media sosial kini semakin meningkat terlebih pada media sosial Instagram. Kehadiran media sosial instagram telah banyak dimanfaatkan masyarakat untuk menunjang kebutuhannya, mulai dari berbagi informasi, proses komunikasi dan bahkan salah satunya sebagai media/ sarana dalam aktivitas dakwah. Dengan memanfaatkan instagram, penyampaian dakwah dapat dikemas secara menarik dan kreatif. Hal ini mampu menunjang sebuah terobosan baru dalam mendukung penyebaran dakwah yang dianggap lebih efisien dan strategis dengan memanfaatkan sebuah media sosial. Fokus dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana tingkat efektivitas penggunaan media sosial instagram sebagai media dakwah mahasiswa, khususnya pada LDM UIN Sunan Gunung Djati Bandung serta peran LDM UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam menyajikan syiar dakwah melalui akun instagram. Landasan teori yang dipergunakan yaitu Teori Uses and Gratification. Teori ini menyatakan bahwa pengguna media memiliki kewenangan serta tingkat intensitas yang cukup tinggi dalam mempengaruhi keefektifan sebuah media. Semakin besar tingkat penggunaan media sosial, semakin besar pula pengaruh terhadap keefektifan media yang dipergunakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggambarkan hasil penelitian sesuai data yang diperoleh. Adapun penentuan hipotesis penelitiannya menggunakan analisis korelasi pearson product moment untuk mengetahui tingkat hubungan efektivitas antar variabel. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap Instagram LDM UIN Bandung dengan jumlah 100 responden menyatakan bahwa mayoritas follower dalam menggunakan media sosialnya termasuk pada kategori sedang dengan persentase sebesar 61%, sedangkan tingkatan kategori pengukuran terhadap efektivitas media dakwah mahasiswa juga termasuk kategori sedang dengan nilai sebesar 69%. Serta hasil hipotesis memperoleh nilai signifikansi korelasi sebesar 0,384 atau 38,4% yaitu > 5%. Artinya diketahui bahwa H1 diterima yakni terdapat hubungan antara media sosial instagram dengan media dakwah mahasiswa. Berdasarkan derajat korelasi pearson product moment hasil 0,384 termasuk dalam interval 0,20 - 0,40 yang berarti mempunyai hubungan yang agak lemah. Sehingga dinyatakan bahwa penggunaan media sosial instagram sebagai media dakwah mahasiswa dianggap efektif namun dengan kategori hubungan yang agak lemah. Adapun peran LDM dalam menyajikan syiar dakwah melalui instagram yaitu memaksimalkan pemanfaatan media dengan menyajikan konten informasi berupa dakwah visual atapun audiovisual dengan tema berupa akidah, akhlak, dan sejarah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Media Dakwah; Instagram; Mahasiswa
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Wulan Novita Sari
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:17
Last Modified: 13 Sep 2021 03:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43241

Actions (login required)

View Item View Item