Pengembangan media pembelajaran berbasis Flipbook digital pada materi sistem peredaran darah

Sholihah, Hanin Fathimah (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis Flipbook digital pada materi sistem peredaran darah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik media pembelajaran flipbook pada materi sistem peredaran darah, mendeskripsikan tahap-tahap pengembangan media pembelajaran flipbook, untuk menganalisis validitas media, keterbacaan media, dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran flipbook. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model 3D (Define, Design, Develop). Uji keterbacaan dilakukan terhadap 16 orang peserta didik kelas XI MIPA di MA Yayasan Islam Rajamandala. Pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar validasi ahli, angket uji keterbacaan, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan perhitungan persentase hasil validasi, uji keterbacaan dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas media secara keseluruhan sebesar 88% dengan kategori sangat layak berdasarkan validasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru mata pelajaran biologi. Hasil keterbacaan peserta didik terhadap media berbasis flipbook sebesar 4,61 dengan kategori sangat terbaca dan respon peserta didik sebesar 86,65% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis flipbook pada materi sistem peredaran darah sangat layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran materi sistem peredaran darah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media;flipbook;pengembangan;sistem peredaran darah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Hanin Fatimah Sholihah
Date Deposited: 13 Sep 2021 00:34
Last Modified: 13 Sep 2021 00:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43252

Actions (login required)

View Item View Item