Sholihah, Hanin Fathimah (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis Flipbook digital pada materi sistem peredaran darah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (431kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (891kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (623kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik media pembelajaran flipbook pada materi sistem peredaran darah, mendeskripsikan tahap-tahap pengembangan media pembelajaran flipbook, untuk menganalisis validitas media, keterbacaan media, dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran flipbook. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model 3D (Define, Design, Develop). Uji keterbacaan dilakukan terhadap 16 orang peserta didik kelas XI MIPA di MA Yayasan Islam Rajamandala. Pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar validasi ahli, angket uji keterbacaan, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan perhitungan persentase hasil validasi, uji keterbacaan dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas media secara keseluruhan sebesar 88% dengan kategori sangat layak berdasarkan validasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru mata pelajaran biologi. Hasil keterbacaan peserta didik terhadap media berbasis flipbook sebesar 4,61 dengan kategori sangat terbaca dan respon peserta didik sebesar 86,65% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis flipbook pada materi sistem peredaran darah sangat layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran materi sistem peredaran darah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media;flipbook;pengembangan;sistem peredaran darah |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Hanin Fatimah Sholihah |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 00:34 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 00:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43252 |
Actions (login required)
View Item |