Fadilah, Derizal Yanuar (2021) Pengelolaan website dalam meningkatkan citra positif lembaga : Analisis deskriptif pada website Dinas Komunikasi Informasi Dan Statistik Pemerintah Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (401kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
Abstract
Media online merupakan salah satu metode untuk menciptakan inovasi dan korespondensi yang umumnya digunakan oleh para praktisi humas dalam menggarap citra besar perusahaan publik mereka. Sebuah gambaran yang layak melalui media online berencana untuk membuat gambaran yang positif dari sebuah organisasi. Website merupakan salah satu media online yang dimanfaatkan oleh Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Kabupaten Bandung Barat dalam meningkatkan citra positifnya. Pemeriksaan ini diarahkan karena gambaran positif Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dapat diperoleh pada kesempatan yang ideal, mengingat Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dapat dikatakan telah terbentuk akhir-akhir ini. Website Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik baru membuat situs pada tahun 2018. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk mendalami hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penentuan masalah peencanaan, pelaksanaan serta evaluasi yang dilakukan Bidang Informasi Komunikasi Publik Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dalam menangani website untuk bekerja pada gambaran positif dari lembaga. Ide yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep four step public yang ditunjukkan oleh Cutlip and Center yang meliputi pengumpulan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode penelitian dalam penelitian menggunakan analisis deksriptif pada pendekatan kualitiatif. Pengumpulan data yang dipakai pada penelitian yaitu melalui wawancara, dan observasi dengan tiga informan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka akhir dari kesimpulan penelitian ini adalah agar Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Kabupaten Bandung Barat dalam menangani website untuk bekerja pada gambaran yang positif. Lembaga menggunakan empat fase tahapan proses public relations yakni pertama fact finding dengan mengidentifkasi masalah melalui online dan layanan pengaduan masyarakat. Kedua planning, perencanaan yang dilakukan yakni ketika ada kegiatan, dibuat berita, dengan cara mendokumentasikan berita dimasukan ke website yang diharapkan dapat sampai kepada publiknya. Ketiga Actions, pelaksanaan dibagi menjadi tiga kelompok kerja yaitu: Pengumpulan berita (praktisi yang mengumpulkan informasi), manajemen berita (praktisi yang membuat berita), dan penyajian berita (praktisi yang memasukan berita kedalam website).). Keempat evaluations, menilai kesuksesan dalam program yang dilakukan dari grafik, pusat informasi dan total pengunjung. Kata Kunci: Pengelolaan, Website, Citra ABSTRACT Derizal Yanuar Fadilah. Website Management in Improving the Institute's Positive Image (Descriptive Analysis on the Website of the Information Communications and Statistics Office of the West Bandung Regency Government) Online media is one of the methods to create innovation and correspondence which is generally used by public relations practitioners in working on the big image of their public companies. A decent picture through online media plans to create a positive picture of an organization. Website is one of the online media used by the Department of Communication, Information and Statistics of West Bandung Regency in increasing its positive image. This examination is directed because a positive picture of the West Bandung Regency Government can be obtained at an ideal opportunity, considering that the West Bandung Regency Government can be said to have been formed recently. The website for the Information and Statistics Communication Service only created a site in 2018. This is what makes researchers interested in exploring it. This study aims to determine the determination of the problem of planning, implementation and evaluation carried out by the Public Communication Information Division of the West Bandung Regency Government in handling the website to work on a positive picture of the institution. The idea used in this research is the four-step public concept shown by Cutlip and Center which includes collection, planning, implementation, and evaluation. The research method in this study uses descriptive analysis on a qualitative approach. The data collection used in this research is through interviews, and observations with three informants. Based on the results of the research conducted, the conclusion of this research is that the Public Communication Information Sector (IKP) of the Information Communications and Statistics Office of West Bandung Regency in handling the website to work on a positive picture. The institution uses four phases of the public relations process, namely first fact finding by identifying problems through online and public complaints services. Second is planning, the planning that is carried out, namely when there are activities, news is made, by documenting the news that is entered into the website which is expected to reach the public. The three Actions, the implementation is divided into three working groups, namely: news gathering (practitioners who collect information), news management (practitioners who make news), and news presentation (practitioners who enter news into the website). The fourth evaluations, assessing the success of the program carried out from the graph, information center and total visitors. Keywords: Management, Website, Image
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan; Website; Citra. |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Treatment of Language with Person |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Derizal Yanuar Fadilah |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 06:41 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 06:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43289 |
Actions (login required)
View Item |