Hubungan penggunaan aplikasi Zoom dengan mutu pendidikan : Penelitian di MTs sekota Bandung

Imani, Sandra Herliyani Nur (2021) Hubungan penggunaan aplikasi Zoom dengan mutu pendidikan : Penelitian di MTs sekota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy

Abstract

Ketetapan yang mewajibkan proses belajar seara online menjadikan tidak sekedar berpengaruh terhadap kemampuan para pendidik dalam menggunakan metode dan alat pembelajaran. Permasalahan yang kerap terjadi saat pembelajaran online adalah tidak kondusifnya proses belajar mengajar, karena faktor lingkungan yang membuat siswa tidak fokus, begitupun dalam kegiatan pertemuan-pertemuan secara online antar tenaga pendidik, tenaga kependidikan ataupun kepala sekolah. Pembelajaran secara daring melalui aplikasi Zoom yang sangat berperan penting dalam bidang pendidikan salah satunya kompetensi tenaga pendidik dan ketenagapendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan aplikasi Zoom di MTs sekota Bandung, mutu pendidikan di MTs sekota Bandung, dan mengidentifikasi hubungan penggunaan aplikasi Zoom dengan mutu pendidikan di MTs sekota Bandung. Penelitian ini, bersifat deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis korelasi. Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah menggunakan angket kuisioner. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji instrumen (validitas dan reabilitas), uji analisis parsial perindikator, uji prasyarat (uni normalitas dan linieritas), dan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penggunaan aplikasi Zoom memiliki hubungan yang signifikan dengan mutu pendidikan di MTs sekota Bandung, dengan nilai signifikansi 0,000. Karena 0,000<0,05 maka terdapat korelasi atau hubungan antara penggunaan aplikasi Zoom dengan mutu pendidikan di MTs sekota Bandung. Koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,540 maka terdapat pada tingkat kekuatan yang sedang, karena terdapat pada kategori 0,40-0,59. Lalu kontribusi variabel penggunaan aplikasi Zoom terhadap mutu pendidikan adalah sebesar 29,1%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: mutu;pendidikan;zoom;meeting;pembelajaran;online;e-learning;pandemi;covid-19;guru;tenaga kependidikan;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
General Management > Education, Research of Management
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sandra Herliyani Nur Imani
Date Deposited: 15 Sep 2021 03:41
Last Modified: 15 Sep 2021 03:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43494

Actions (login required)

View Item View Item