Nurfajriyani, Ilma (2021) Analisis teoritis Question-Based Inquiry Module (QBIM) pada pembelajaran materi sistem pencernaan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (648kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) | Request a copy |
Abstract
Banyak sekali terdapat contoh inovasi modul pembelajaran namun penerapannya di ranah sekolah masih sangat minim ditemukan, salah satunya Question-Based Inquiry Module (QBIM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara teoritis proses pembelajaran, aktivitas peserta didik pada pembelajaran menggunakan QBIM, dan respon peserta didik terhadap penggunaan QBIM yang terbukti efektif meningkatkan keterampilan proses sains dan pengetahuan biologi peserta didik. Penelitian kualitatif dengan teknik studi dokumentasi menggunakan analisis data model Spradley yang telah dilakukan memberikan hasil bahwa QBIM dapat meningkatkan kualitas pembelajaran selaras dengan teori pembelajaran koginitif. QBIM melibatkan peserta didik aktif di dalam proses pembelajaran secara heads-on dan hands-on sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Peneliti merekomendasikan untuk dilakukan lebih banyak penelitian mengenai QBIM baik pada tingkat sekolah atau materi yang berbeda maupun sama sebagai bahan perbandingan dan referensi lanjutan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | QBIM;inkuiri;modul;pembelajaran bermakna |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Human Physiology > Nutrition |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ilma Nurfajriyani |
Date Deposited: | 17 Sep 2021 00:52 |
Last Modified: | 17 Sep 2021 00:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43705 |
Actions (login required)
View Item |