Kusmiati, Rita (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis Search Solve Create and Share (SSCS) pada materi sistem indera. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (567kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (886kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) | Request a copy |
Abstract
Pada pembelajaran biologi kegiatan praktikum merupakan bagian dari tuntutan kurikulum. Bahan ajar yang dapat digunakan untuk menuntun siswa melakukan kegiatan praktikum adalah LKPD. Lembar kerja merupakan bahan ajar berisi serangkaian proses percobaan yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep materi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan dan menganalisis kelayakan lembar kerja berbasis search, solve, create and, share (SSCS). Pengembangan ini menggunakan model 4-D yang dibatasi menjadi 3-D (define, design dan develop). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu, lembar wawancara, lembar validasi, angket uji keterbacaan, dan angket respon siswa. Validasi dilakukan oleh tiga orang ahli yaitu dua dosen pendidikan biologi dan satu guru mata pelajaran biologi. Hasil penelitian menunjukan lembar kerja yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. hasil validasi dosen ahli materi dan guru mata pelajaran mendapat presentase 93,5%. Validasi dosen ahli media mendapat presentase 94,7% sedangkan guru mata pelajaran pada aspek media mendapat presentase 91,6%. Hasil rata-rata total uji keterbacaan mendapat presentase 86,5% dengan kategori baik, sedangkan hasil respon siswa terhadap LKPD berbasis SSCS mendapat presentase 88,72% dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar; LKPD; Pengembangan; SSCS; Sistem Indera |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rita Kusmiati |
Date Deposited: | 26 Sep 2021 01:35 |
Last Modified: | 26 Sep 2021 01:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43731 |
Actions (login required)
View Item |