Firdana, Mutiara Fadhila (2021) Pengembangan game edukasi terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an menggunakan Construct 2 pada materi sistem pernapasan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (487kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (912kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan game edukasi terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an menggunakan construct 2 pada materi sistem pernapasan, menganalisis kelayakan media, keterbacaan siswa, dan respon siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 3D. Penelitian ini dilakukan dengan uji terbatas pada 20 orang siswa SMP. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk uji validasi pada ahli dari dua orang dosen sebagai ahli materi dan ahli media, dan satu guru mata pelajaran IPA, serta angket untuk uji keterbacaan dan uji respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kelayakan media yang dikembangakan dikategorikan dalam kategori sangat layak dengan perolehan skor persentase yang didapatkan oleh para ahli sebesar 90%. Uji keterbacaan siswa dikategorikan sangat layak dengan perolehan skor persentase yang didapatkan dari 20 orang siwa sebesar 89%. Uji Respon siswa terhadap game edukasi terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an menggunakan construct 2 pada materi sistem pernapasan dikategorikan sangat baik dengan perolehan skor persentase yang didapatkan dari 20 orang siswa sebesar 86%. Kelebihan game edukasi terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an menggunakan construct 2 pada materi sistem pernapasan ini yaitu siswa lebih memahami materi sistem pernapasan, pembelajaran menjadi lebih menarik, dan siswa tidak merasa bosan saat pembelajaran dengan adanya game edukasi ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan;Media;Game Edukasi;Ayat-Ayat Al-Qur’an;Construct 2;Sistem Pernapasan |
Subjects: | Science and Religion Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Human Physiology > Respirations Physiology Indoor Games of Skill > Electronic Game |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mutiara Fadhila Firdana |
Date Deposited: | 26 Sep 2021 01:57 |
Last Modified: | 26 Sep 2021 01:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43827 |
Actions (login required)
View Item |