Penerapan media leaflet berbasis ICT untuk meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Biografi Khulafaur Rasyidin: Penelitian quasi eksperimen pada Kelas 7 MTs Persis 68 Warudoyong

Rahmani, Ady Fauzi (2021) Penerapan media leaflet berbasis ICT untuk meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Biografi Khulafaur Rasyidin: Penelitian quasi eksperimen pada Kelas 7 MTs Persis 68 Warudoyong. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi terhambatnya penyampaian materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, dikarenakan kurangnya minat siswa terhadap media yang diterapkan, dan berdampak pada penurunan hasil belajar kognitif siswa. Hasil Penilaian Akhir Semester genap 2019/2020 menunjukkan 66,67% siswa kelas 7 di MTs Persis Warudoyong mendapatkan nilai di bawah batas tuntas. Atas dasar itu, peneliti mengadakan penelitian terhadap penerapan media leaflet berbasis ICT untuk meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Persis 68 Warudoyong. Tujuan penelitian ini: (1) Mengindentifikasi minat siswa terhadap pelajaran SKI materi biografi Khulafaur Rasyidin dengan menggunakan media leaflet berbasis ICT pada kelas eksperimen dan media teks handout pada kelas kontrol di MTs Persis 68 Warudoyong. (2) Mengidentifikasi hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran SKI materi biografi Khulafaur Rasyidin dengan menggunakan media pembelajaran leaflet berbasis ICT pada kelas eksperimen dan media teks handout berbasis teks pada kelas kontrol di MTs Persis 68 Warudoyong. (3) Mengidentifikasi peningkatan minat dan hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran SKI materi biografi Khulafaur Rasyidin dengan menggunakan media pembelajaran leaflet berbasis ICT pada kelas eksperimen dan media teks handout berbasis teks pada kelas kontrol di MTs Persis 68 Warudoyong. Penelitian ini berpijak penelitian Tafanao, bahwa Media dapat menambah minat siswa untuk belajar dan memudahkannya memahami materi. Menurut National Leaflet Distribution, tujuan penggunaan leaflet untuk menarik minat pembacanya agar menerima informasi yang ditawarkan. Video pembelajaran yang tersemat pada leaflet berbasis ICT ini, menurut penelitian Hikam, dapat membantu siswa memahami materi lebih jelas dan nyata. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen non equivalen control group design, Dalam penelitian ini, peneliti membandingkan dua kelompok siswa di MTs Persis 68 Warudoyong, yaitu kelas 7a sebagai kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan, dan kelas 7b sebagai kelompok yang berfungsi sebagai kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, (1) minat siswa pada kelompok eksperimen yang menggunakan media leafet berbasis ICT nilai rata-ratanya 3,71 (kategori baik), sedangkan kelas kontrol yang menggunakan media handout berbasis teks 3,4 (kurang baik). (2) Hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen nilai rata-ratanya 73,409 adapun di kelas kontrol 56,590. (3) peningkatan minat belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol selisih rata-ratanya 0,31 poin. Peningkatan Hasil kognitif siswa pada kelas eksperimen dan kontrol selisih rata-ratanya 18,54 poin, dengan n gain pada kelas eksperimen 0,56 (sedang), dan kelompok kontrol 0,22 (rendah). Peneliti merekomendasikan kepada para kepala sekolah guru, siswa dan orangtua untuk mendukung penerapan media ini agar minat dan hasil belajar kognitif siswanya meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Leaflet; Minat; Hasil Belajar Kognitif; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Islam > Sahabat, Comapnions
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Sos.I Ady fauzi Rahmani
Date Deposited: 29 Sep 2021 08:00
Last Modified: 21 Jan 2022 01:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44006

Actions (login required)

View Item View Item