Manajemen strategi pelayanan Baznas dalam menjaga kepercayaan muzakki di era pandemi covid-19: Penelitian deskriptif di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bekasi

Ropiah, Siti (2021) Manajemen strategi pelayanan Baznas dalam menjaga kepercayaan muzakki di era pandemi covid-19: Penelitian deskriptif di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (980kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy

Abstract

Baznas Kabupaten Bekasi pada tahun 2019 mendapatkan reward sebagai Baznas terbaik dari penghimpunan dana zakat di Indonesia. Saat Pandemi Covid-19, sistem pelayanan berubah karena mengharuskan pembatasan kegiatan untuk mengurangi penyebaran virus tersebut. Dengan hal itu, menjadi sebuah tantangan bagi Baznas Kabupaten Bekasi untuk selalu menjaga peningkatan dana zakat dengan memberikan kepercayaan penuh terhadap Muzakki. Dalam usaha menjaga kepercayaan Muzakki, pelayanan menjadi kunci dalam keberhasilan lembaga. Proses pelayanan tersebut, perlu adanya manajemen strategi yang dirancang dengan tepat. Dengan begitu, para Muzakki akan menaruh kepercayaan tetap kepada lembaga. Dalam hal ini, fokus penelitian mengenai bagaimana proses perumusan (formulasi), proses pelaksanaan (implementasi) serta Evalusi rencana pelayanan yang dirancang Baznas Kabupaten Bekasi dalam menjaga kepercayaan Muzakki di era pandemi Covid-19. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses perumusan (formulasi), pelaksanaan (implementasi) serta evaluasi rencana pelayanan yang dirancang Baznas Kabupaten Bekasi dalam menjaga kepercayaan Muzakki di era pandemi Covid-19 Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen strategi menurut Fred R. David yang terdiri atas tiga proses yaitu: 1. Perumusan strategi, 2. Impelmentasi strategi, 3. Evaluasi strategi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh penulis melalui observasi, wawancara langsung kepada pihak pengelola zakat serta studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa manajemen strategi pelayanan dalam menjaga kepercayaan Muzakki pada saat pandemi Covid-19 terdiri atas 3 (tiga) proses yaitu: Pertama, perumusan strategi yang berupa pengembangan visi dan misi yang disertai dengan analisis lingkungan. Kedua, pengimplementasikan dalam bentuk sebuah produk layanan yang diberikan oleh Baznas untuk Muzakki serta proses pengorganisasian di lembaga. Ketiga, mengenai evaluasi strategi. Para Muzakki diberikan ruang untuk mengikuti evaluasi serta diberikan peluang untuk memberikan kritik dan saran dalam hal ini. Oleh karena itu, hingga saat ini Baznas Kabupaten Bekasi dalam pengumpulan dana zakat masih optimal sehingga usaha dalam menjada kepercayaan Muzakki berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi; Pelayanan ; Menjaga Kepercayaan Muzakki di Era Pandemi Covid-19
Subjects: General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Siti Ropiah
Date Deposited: 01 Oct 2021 07:15
Last Modified: 01 Oct 2021 07:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44042

Actions (login required)

View Item View Item