Bahan ajar media pembelajaran visual berbasis proyek miniatur berbahan limbah untuk membekali kreativitas siswa pada materi ekosistem

Sani, Qonita Zahra Nurhidayati (2021) Bahan ajar media pembelajaran visual berbasis proyek miniatur berbahan limbah untuk membekali kreativitas siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy

Abstract

Siswa mampu menciptakan kemampuan kreativitas dan lebih aktif saat menghasilkan proyek miniatur berbahan limbah sendiri. Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan karakteristik bahan ajar media visual untuk media kreativitas proyek miniatur berbahan limbah pada ekosistem, 2) Menganalisis level kreativitas media hasil siswa pada proyek miniatur berbahan limbah pada ekosistem, dan 3) Mendeskripsikan kendala siswa terhadap media kreativitas proyek miniatur berbahan limbah pada materi ekosistem kelas X. Dengan media pembelajaran visual, proyek miniatur limbah memudahkan dalam melihat objek dan mampu membekali kreativitas yang ada pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) untuk memvalidasi bahan ajar dan mengembangkan produk yaitu proyek miniatur berbahan limbah. Penelitian pengembangan dilakukan dengan tahapan 3-D terdiri atas pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop) melalui media bahan ajar video. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Subjek penelitian siswa kelas X MIPA 6 MAN 2 Kota Bandung dengan 28 orang. Instrumen penelitian asesmen berupa kinerja dan hasil produk untuk mendapatkan hasil level kreativitas serta angket untuk mendapatkan validasi bahan ajar media dan kendala siswa. Hasil penelitian menunjukkan level kreativitas pada kinerja tingkat kreativitas yaitu emerging (muncul) sebesar 67,81% dengan indikator terkuat kelancaran 87,5% dan terlemah keluwesan 24,11%. Sedangkan pada hasil produk tingkat kreativitas expressing (terekspresikan) sebesar 76,07% dengan indikator terkuat merinci 92,86% dan terlemah kelancaran 55,36%. Hasil pada kendala siswa terhadap proyek miniatur berbahan limbah terdiri dari penataan ekosistem, membuat video sebagai presentasi dan pengerjaan portofolio. Hasil ini mengidikasikan bahwa media visual proyek miniatur berbahan limbah yang dikembangkan dapat membekali siswa pada materi ekosistem meskipun siswa terkendala dalam merancang pembuatan media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penelitian pengembangan; Bahan ajar; Kreativitas; Miniatur ekosistem; Limbah
Subjects: Adult Education > Distance Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Qonita Zahra Nurhidayati Sani
Date Deposited: 04 Oct 2021 03:22
Last Modified: 04 Oct 2021 03:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44063

Actions (login required)

View Item View Item