Sani, Qonita Zahra Nurhidayati (2021) Bahan ajar media pembelajaran visual berbasis proyek miniatur berbahan limbah untuk membekali kreativitas siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (144kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
Abstract
Siswa mampu menciptakan kemampuan kreativitas dan lebih aktif saat menghasilkan proyek miniatur berbahan limbah sendiri. Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan karakteristik bahan ajar media visual untuk media kreativitas proyek miniatur berbahan limbah pada ekosistem, 2) Menganalisis level kreativitas media hasil siswa pada proyek miniatur berbahan limbah pada ekosistem, dan 3) Mendeskripsikan kendala siswa terhadap media kreativitas proyek miniatur berbahan limbah pada materi ekosistem kelas X. Dengan media pembelajaran visual, proyek miniatur limbah memudahkan dalam melihat objek dan mampu membekali kreativitas yang ada pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) untuk memvalidasi bahan ajar dan mengembangkan produk yaitu proyek miniatur berbahan limbah. Penelitian pengembangan dilakukan dengan tahapan 3-D terdiri atas pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop) melalui media bahan ajar video. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Subjek penelitian siswa kelas X MIPA 6 MAN 2 Kota Bandung dengan 28 orang. Instrumen penelitian asesmen berupa kinerja dan hasil produk untuk mendapatkan hasil level kreativitas serta angket untuk mendapatkan validasi bahan ajar media dan kendala siswa. Hasil penelitian menunjukkan level kreativitas pada kinerja tingkat kreativitas yaitu emerging (muncul) sebesar 67,81% dengan indikator terkuat kelancaran 87,5% dan terlemah keluwesan 24,11%. Sedangkan pada hasil produk tingkat kreativitas expressing (terekspresikan) sebesar 76,07% dengan indikator terkuat merinci 92,86% dan terlemah kelancaran 55,36%. Hasil pada kendala siswa terhadap proyek miniatur berbahan limbah terdiri dari penataan ekosistem, membuat video sebagai presentasi dan pengerjaan portofolio. Hasil ini mengidikasikan bahwa media visual proyek miniatur berbahan limbah yang dikembangkan dapat membekali siswa pada materi ekosistem meskipun siswa terkendala dalam merancang pembuatan media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian pengembangan; Bahan ajar; Kreativitas; Miniatur ekosistem; Limbah |
Subjects: | Adult Education > Distance Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Qonita Zahra Nurhidayati Sani |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 03:22 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 03:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44063 |
Actions (login required)
View Item |