Peran program Zakat Mart (ZMart) dalam meningkat kesejahteraan ekonomi masyarakat Badan Amil Zakat Nasional Kota Bandung Jl. Wastukencana no.27 Babakan Ciamis Kec. Sumur Bandung

Tari, Destiya Tiyas (2021) Peran program Zakat Mart (ZMart) dalam meningkat kesejahteraan ekonomi masyarakat Badan Amil Zakat Nasional Kota Bandung Jl. Wastukencana no.27 Babakan Ciamis Kec. Sumur Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Zakat wajib dilaksanakan karena sebagian dari harta yang mereka miliki ada sebagian hak untuk diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Kemiskinan yang masih menjadi persoalan di setiap kehidupan masyarakat merupakan hal yang tidak bisa kita biarkan dan kewajiban kitalah dalam membantu mereka keluar dari kondisi tersebut. Baznas sendiri merupakan lembaga zakat yang bertugas untuk mengumpulkan dana zakat yang nantinya menyalurkan dana zakat tersebut kepada delapan asnaf dan orang-orang yang membutuhkan lainnya. Adapun program yang digulirkan oleh LPEM Baznas melalui Baznas Kota Bandung adalah pemberdayaan melalui program Zakat Mart. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan program ZMart dalam melakukan pemberdayaan dana zakat melalui program ZMart dengan memberi bantuan kepada penerima manfaat berupa renovasi warung, penguatan modal usaha, dan pendampingan. Mengetahui hasil dari program ZMart yang dilakukan dengan pembinaan yang dilakukan oleh pendamping program tersebut. Landasan teori yang digunakan adalah teori pemberdayaan, menurut Edi Suharto pemberdayaan adalah sebuah proses dan tujuan, yaitu kegiatan untuk memperkuat keberdayaan kelompok lemah dalam masyarakat, dengan tujuan, memberdayakan keadaan atau hasil yang ingin dicapai oleh sebuah perubahan social; yaitu masyarakat yang berdaya; mempunyai pengetahuan dan kemampuan; mempunyai mata pencaharian, berpartisipasi dalam kegiatan social, dan mandiri dalam melaksanakan tugas-tugas kehidupannya. Secara global, penelitian ini bersifat empirik dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data dilakukan dengan reduksi data, tafsir dan penarikan kesimpulan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Upaya pemberdayaan pada program Zakat Mart yang dilakukan oleh Baznas Kota Bandung. Program ini berupa bantuan penguatan modal usaha, renovasi warung, pembinaan dan pendampingan (2) Kesejahteraan ekonomi masyarakat binaan Baznas Kota Bandung (3) Adapun dampak dari program Zakat Mart ini, penerima manfaat mendapat penghasilan lebih, mendapat ilmu dari pelatihan yang dilakukan serta mampu membantu orang-orang yang membutuhkan. Sehingga menjadi mandiri dan mampu menjadi seorang muzzaki. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peran pemberdayaan masyarakat melalui program Zakat Mart ini yaitu untuk meningkatkan perekonomian dan meningkatkan etos kerja dan keterampilan dalam pengelolaan usaha ritel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Zakat; Kemiskinan; Kesejahteraan; Ekonomi dan Masyarakat
Subjects: Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Destiya Tiyas Tari
Date Deposited: 04 Oct 2021 03:29
Last Modified: 04 Oct 2021 03:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44413

Actions (login required)

View Item View Item