Pelaksanaan evaluasi pembelajaran mata pelajaran fiqih melaui Google Form pada masa pandemi : Penelitian di MDTA AL-MU'ASSIS kelas VI

Wiludiah, Alviana Tusy (2021) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran mata pelajaran fiqih melaui Google Form pada masa pandemi : Penelitian di MDTA AL-MU'ASSIS kelas VI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari pada latar belakang masalah, yaitu terjadinya kesulitan pada proses pengumpulan nilai. Berasarkan infomasi yang didapat bahwa didalam pelaksanaan pengumpulan nilai tersebut guru sudah menggunakan banyak alternatif metode dan juga sudah dilakukan pengarahan secara maksimal kepada peserta didik. Salah satunya menggunakan google form, namun pada kenyataannya peserta didik masih mengalami kesulitan walaupun pengarahan sudah dilakukan secara maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) pelaksanaan proses evaluasi pembelajaran siswa sebelum dan sesudah menggunakan google form. 2) faktor penghambat yang dialami selama proses evaluasi pembelajaran. 3) Mengetahui respon siswa tentang penggunaan google form. 4) Mengetahui efektifitas hasil evaluasi pembelajaran dengan menggunakan google form. Penelitian ini didassarkan kepada pandangan yang mengatakan bahwa sistem penilaian merupakan salah satu kunci dari keberhasilan sebuah evaluasi pembelajaran dan penilaian, sebuah sistem atau rencana yang baik tentu juga akan menghasilkan sesuatu yang memuaskan sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Begitu juga dengan penilaian akan sangat berpengaruh apabila dirancang dengan sistem dan media yang baik maka akan mendapatkan hasil yang baik pula. Berdasarkan teori yang ada bahwa sistem dan media penilaian sangat mempengaruhi proses evaluasi pembelajaran. Hipotesis penelitian ini bahwa penerapan media google form diduga dapat lebih efektif digunakan sebagai media evaluasi pembelajaran dimasa pandemi covid-19 di MDTA Al-Mu’assis. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan langkah-langkah penelitian: 1) pendekatan studi kasus, 2) sampel 8 orang peserta didik 1 kepala sekolah 1 guru wali kelas dan1 guru mata pelajaran, 3) alat pengumpulan data : observasi, interview/wawancara, dokumentasi. 4) analisis data kuaitatif menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) sistem evaluasi pembelajaran yang dilakukan sebelum pandemi merupakan sistem konvensional, dan sistem evaluasi pembelajaran yang dipakai dimasa pandemi pada saat itu adalah dengan metode pengumpulan tugas setiap satu pekan sekali. Setelah penelitian dilakukan didapatkan hasil bahwa media google form dapat mempermudah evaluasi pembelajaran juga menjadi solusi atas permasalahan yang ada, 2) faktor yang menjadi penghambat selama proses evaluasi pembelajaran dan pengumpulan nilai diantaranya perihal waktu pengumpulan, kesibukan orang tua/wali peserta didik, soal yang sulit dipahami, keterlambatan pengumpulan tugas, 3) proses evaluasi pembelajaran menggunakan google form berjalan lancar sesuai rencana dan dilaksanakan secara sistematis 4) media google form efektif digunakan dan menjadi solusi evaluasi pembelajaran mata pelajaran fiqih dimasa pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi pembelajaran;Google form;Evektifitas
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: alviana tusy wiludiah
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:55
Last Modified: 06 Oct 2021 04:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44471

Actions (login required)

View Item View Item