Persepsi siswa terhadap bimbingan Islam orang tua dan hubungannya dengan pemahaman mereka pada materi Akidah Akhlak : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cileunyi, Kab Bandung

Mutmainah, Agnia Siti (2021) Persepsi siswa terhadap bimbingan Islam orang tua dan hubungannya dengan pemahaman mereka pada materi Akidah Akhlak : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cileunyi, Kab Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh krisis akhlak dan iman pada siswa hal ini dilihat dari sikap maupun sifat siswa yang kurang sopan, contoh yang ditemukan dilapangan seperti ketika berbicara dengan guru menggunakan Bahasa yang kasar, acuh saat pembelajaran dimulai, ketika shalat berjamaah di masjid siswa malah bersembunyi, hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman dan penanaman akhlak dan rasa iman pada siswa. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa penanaman akhlak dan iman dimulai dari madrasah pertama bagi anak yaitu orang tua. Berdasarkan itu peneliti tertarik untuk meneliti hal ini. Apakah ada hubungan antara keduanya? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi siswa terhadap bimbingan islam orang tua siswa di SMPN 3 Cileunyi, (2) pemahaman siswa pada materi Akidah Akhlak di SMPN 3 Cileunyi, (3) persepsi bimbingan islam orang tua terhadap dengan pemahaman mereka pada materi Akidah Akhlak. Penelitian ini bertolak dari suatu pemikiran bahwa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, maksudnya secara asumsi ketika bimbingan islam orang tua baik maka pemahaman pada materi akidah akhlak anakpun baik, begitupun sebaliknya. Dari asumsi tersebut dapat di tarik hipotesis bahwa semakin baik persepsi anak tentang bimbingan islam orang tua, maka semakin tinggi pula pemahaman siswa pada materi akidah akhlak. Dan semakin rendah persepsi siswa tentang bimbingan islam orang tua, maka semakin rendah pula pemahaman pada akidah akhlak. Pendekatan dalam penelitian ini, yakni pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan korelasi regresi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif. Dalam menganalisis data yang sudah terkumpul penulis menggunakan analisis statistik dengan menempuh analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa, (1) Persepsi siswa terhadap bimbingan islam orang tua (variabel X) termasuk kategori tinggi dengan skor rata-rata 4,25. Angka tersebut berada pada interval 3,51 – 4,50. (2) Pemahaman siswa pada materi Akidah Akhlak (variabel Y) termasuk kategori baik dengan skor 75,5. Angka tersebut berada pada interval 60 – 80, dan (3) Hubungan variabel keduanya: (a) memiliki koefisien korelasi sebesar 0,06 berada pada interval 0,00 – 0,20, artinya korelasi sangat rendah, (b) hasil uji hipotesis menunjukan bahwa thitung (2,16) ≥ ttabel (2,02), menunjukan bahwa hipotesisnya diterima. Artinya terdapat hubungan positif antara persepsi siswa terhadap bimbingan islam orang tua hubungannya dengan pemahaman siswa pada materi Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa; Bimbingan Islam Orang tua; Pemahaman Materi Akidah Akhlak;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agnia Siti Mutmainah
Date Deposited: 11 Oct 2021 08:43
Last Modified: 11 Oct 2021 08:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44477

Actions (login required)

View Item View Item