Agustini, Intan Nur (2021) Pengembangan E-comic sebagai media pembelajaran biologi pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (162kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan analisis pendahuluan yang dilakukan, salah satu hal yang dibutuhkan dalam pembelajaran adalah media pembelajaran visual yang memaparkan materi organ dan kelainan secara jelas, singkat, dan mudah dipahami serta memenuhi pemakaian ketika pembelajaran, baik pembelajaran offline maupun online. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil tahapan, menganalisis validitas dan menganalisis respon siswa terhadap e-comic sebagai media pembelajaran biologi pada materi sistem eksresi. Metode yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang dibatasi hingga tahap implementasi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar uji validasi, lembar uji kepraktisan, lembar uji keterbacaan, dan lembar angket respon siswa terhadap e-comic sebagai media pembelajaran biologi. Analisis data dilakukan dengan mengubah data skala Likert menggunakan rumus presentase yang disesuaikan dengan tabel kategori kevalidan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tahapan untuk mengembangan e-comic sebagai media pembelajaran biologi terdiri dari tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, dan tahap implementasi. Hasil kelayakan (validitas) e-comic sebagai media pembelajaran biologi melalui uji validasi, uji kepraktisan, dan uji keterbacaan memperoleh nilai 83% yang tergolong sangat baik dengan kategori valid. Hasil uji coba respon siswa memperoleh presentase 84% yang tergolong sebagai respon yang sangat baik terhadap e-comic sebagai media pembelajaran biologi pada materi sistem ekskresi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Biologi; E-comic; Media pembelajaran; Sistem ekskresi; |
Subjects: | Education Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Intan Nur Agustini |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 05:23 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 05:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44656 |
Actions (login required)
View Item |