Mardianti, Danti (2021) Analisis kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) calon guru fisika berdasarkan Instrumen CoRe dan Pa-PeRs pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (963kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (664kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan TPACK diperlukan sebagai bentuk keterampilan abad 21 yang diperlukan oleh calon guru maupun guru fisika. Pengukuran kemampuan TPACK calon guru fisika pada materi usaha dan energi dilakukan dengan menggunakan instrumen CoRe, CoRe dalam RPP, PaP-eRs, kuisioner kemampuan TPACK calon guru, dan kuisioner peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan TPACK calon guru fisika berdasarkan instrumen CoRe, CoRe dalam RPP, instrumen PaP-eRs, pelaksanaan pembelajaran dengan kemampuan TPACK, dan persepsi calon guru fisika terhadap kemampuan TPACK yang dimilikinya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan sampel lima orang mahasiswa calon guru fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung semester VIII yang sedang menyusun tugas akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan TPACK calon guru Fisika pada materi usaha dan energi berdasarkan instrumen CoRe berada pada kategori growing TPACK dengan perolehan nilai sebesar 57 dan kesesuaian antara CoRe dengan RPP berada pada kategori cukup dengan perolehan nilai sebesar 74%. Kemampuan TPACK calon guru fisika pada materi usaha dana energi berdasarkan instrumen PaP-eRs berada pada kategori cukup dengan perolehan nilai sebesar 61%. Kemampuan TPACK calon guru fisika berdasarkan pelaksanaan pembelajaran berada pada kategori sangat baik dengan perolehan nilai sebesar 91% dan perolehan nilai dari kuisioner peserta didik berada pada kategori baik dengan perolehan skor sebesar 84%. Persepsi calon guru fisika terhadap kemampuan TPACK berada pada kategori baik dengan perolehan skor sebesar 77%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TPACK; CoRe; PaP-eRs |
Subjects: | Education Analysis, Theory of Functions Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Danti Mardianti |
Date Deposited: | 08 Oct 2021 04:40 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 04:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44770 |
Actions (login required)
View Item |