Tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran kelompok dan hubungannya dengan pemahaman mereka terhadap mata pelajaran PAI materi aqidah akhlak

Andriyansyah, Ari (2013) Tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran kelompok dan hubungannya dengan pemahaman mereka terhadap mata pelajaran PAI materi aqidah akhlak. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Dengan membatasi kajian pada fenomena yang terjadi yang melibatkan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Kota Bandung, fokus yang akan diteliti adalah terletak pada bagaimana tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran kelompok, dilain pihak bagaimana pemahaman mereka pada mata pelajaran PAI materi aqidah akhlak, serta bagaimana hubungan keduanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap merode pembelajaran kelompok di kelas VII, untuk mengetahui pemahaman belajar mereka terhadap mata pelajaran PAI materi aqidah akhlak di kelas VII, serta untuk mengetahui hubungan antara tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran kelompok dengan pemahaman mereka pada mata pelajaran PAI materi aqidah akhlak. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pemahaman belajar pada mata pelajaran PAI materi aqidah akhlak sebagian diantarannya dipengaruhi oleh baik tidaknya tanggapan mereka terhadap metode pembelajaran kelompok. Karena tinggi rendahnya pemahaman mereka pada mata pelajaran PAI materi aqidah akhlak di tentukan oelh tinggi rendahnya tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran kelompok, positif atau negatif. Dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis, yaitu semakin baik tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran kelompok maka akan semakin baik (tinggi) pula pemahaman mereka pada mata pelajaran PAI materi aqidah akhlak. Untuk membuktikan hipotesis tersebut, penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif, karena metode ini mampu untuk mengungkapkan dan menganalisis fenomena empiris yang terjadi pada masa sekarang. Adapun teknik pengumpulan datanya ditempuh dengan menggunakan angket, tes, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil pengolahan data untuk kedua variabel diperoleh rata-rata variabel X (Tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran kelompok) sebesar 3,77 sehingga termasuk dalam kategori tinggi karena berada pada intervasl 3,40-4,19 dan variabel Y (Pemahaman mereka terhadap mata pelajaran PAI materi aqidah akhlak) sebesar 70,47 termasuk kategori baik karena berada pada interval 70-79. Korelasi dari kedua variabel sebesar 0,03 angka ini termasuk korelasi rendah karena berada pada interval 0,00-0,20. Dan diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis nilai t hitung < dari t tabel (0,17<2,032). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan penulis diterima, sedangkan pengaruh variabel X terhadap Y sebesar 5% sedangkan 95% lagi dipengaruhi faktor lain seperti suasana belajar, faktor lingkungan, faktor motivasi, dan faktor lainnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran kelompok; pemahaman; aqidah akhlak;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2017 06:38
Last Modified: 18 Apr 2019 07:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4487

Actions (login required)

View Item View Item