Konten Instagram sebagai media latihan untuk menjadi jurnalis : Studi fenomenologi pada mahasiswa jurnalistik angkatan tahun 2017 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Ramadanty, Nabila (2020) Konten Instagram sebagai media latihan untuk menjadi jurnalis : Studi fenomenologi pada mahasiswa jurnalistik angkatan tahun 2017 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui target dan maksud apa yang dimiliki oleh para mahasiswa jurnalistik dalam membuat konten kejurnalistikan di instagramnya. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode fenomenologi. Fenomenologi adalah studi tentang pengetahuan yang berasal dari kesadaran dan cara memahami suatu peristiwa dengan mengalaminya secara sadar. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa motif mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan tahun 2017 membuat konten kejurnalistikan di instagram adalah untuk membuat portofolio karya yang bisa menunjang mereka dalam meraih target menjadi seorang jurnalis profesional. Proses yang dilakukan para mahasiswa jurnalistik dalam pembuatan konten yaitu pencarian berita, pengolahan berita, pengeditan berita dan terakhir mempublikasikannya ke intagram pribadi. Makna yang para mahasiswa jurnalistik dapat dari pembuatan konten kejurnalistikan di instagram yaitu dapat membangun relasi dengan jurnalis senior yang dapat memberikan kritik dan saran terhadap karya yang mereka buat agar bisa lebih berkembang. ENGLISH : This study aims to determine the targets and intentions of journalism students in creating journalistic content on their Instagram. The research method used in this study is the phenomenological method. Phenomenology is the study of knowledge that comes from consciousness and how to understand an event by experiencing it consciously. The results of the study concluded that the motive of Journalistic students of UIN Sunan Gunung Djati Bandung class of 2017 to create journalistic content on Instagram was to create a portfolio of works that could support them in achieving their target of becoming a professional journalist. The process carried out by journalism students in content creation is news search, news processing, news editing and finally publishing it to personal Instagram. The meaning that journalism students get from creating journalistic content on Instagram is that they can build relationships with senior journalists who can provide criticism and suggestions for their work so that it can develop more.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: motive; process; meaning
Subjects: Photographs
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Nabila Ramadanty
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:59
Last Modified: 13 Oct 2021 02:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44982

Actions (login required)

View Item View Item