Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pembelajaran oleh guru MI/SD di tengah pandemi Covid-19 : Penelitian deskriptif kuantitatif di SD/MI Kelurahan Rancaekek Kabupaten Bandung

Lidinilah, Shofi (2021) Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pembelajaran oleh guru MI/SD di tengah pandemi Covid-19 : Penelitian deskriptif kuantitatif di SD/MI Kelurahan Rancaekek Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena pentingnya pendidikan bagi kehidupan. Manusia mampu berbicara, berbahasa dan berpikir melalui pendidikan. Dalam pendidikan terdapat kegiatan monitoring dan evaluasi pembelajaran untuk mengetahui keberhasilan suatu proses pembelajaran. Namun ketika pandemi, banyak kendala yang dialami sehingga pendidik kesulitan dalam meonitoring dan evaluasi pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui desain pembelajaran yang diterapkan oleh guru SD/MI pada pembelajaran di tengah pandemi Covid-19 di SD/MI Kelurahan Rancaekek Kabupaten Bandung; 2) mengetahui pelaksanaan monitoring yang dilakukan oleh guru SD/MI di tengah pandemi Covid-19 di SD/MI Kelurahan Rancaekek Kabupaten Bandung; 3) mengetahui pelaksanaan evaluasi yang dilakukan oleh guru SD/MI di tengah pandemi Covid-19 di SD/MI Kelurahan Rancaekek Kabupaten. Pembelajaran jarak jauh merupakan proses pembelajaran yang dilakukan antar pendidik dan peserta didik di tempat yang berbeda (dirumah masing-masing). Sebelum pembelajaran dilaksanakan, pendidik perlu mendesain pembelajaran sesuai dengan situasi dan kondisi peserta didik. Saat proses pembelajaran berlangsung, guru perlu melakukan aktivitas monitoring pembelajaran. Setelah memantau aktivitas pembelajaran, supaya hasil monitoring tidak sia-sia, perlu dilakukan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di 4 sekolah SD/MI di Kelurahan Rancaekek Kabupaten Bandung. Sample yang di perlukan yaitu 51 guru sesuai dengan jumlah populasi. Pengambilan data dengan mengguakan penyebaran angket skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) desain pembelajaran daring oleh guru SD/MI di Kelurahan Rancaekek Kabupaten Bandung memperoleh skor rata-rata 84,7 dengan kategori baik; 2) pelaksanaan monitoring pembelajaran daring oleh guru SD/MI di Kelurahan Rancaekek Kabupaten Bandung memperoleh skor rata-rata 83,9 dengan kategori baik; 3) pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring oleh guru SD/MI di Kelurahan Rancaekek Kabupaten Bandung memperoleh skor rata-rata 80,6 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Monitoring Pembelajaran; Evaluasi Pembelajaran; Pandemi Covid-19
Subjects: Elementary Education > Elementary School
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shofi Lidinilah
Date Deposited: 13 Oct 2021 23:45
Last Modified: 13 Oct 2021 23:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45028

Actions (login required)

View Item View Item