Pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantu video edukasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi

Sobarunnisa, Ilvi (2021) Pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantu video edukasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)

Abstract

Berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus di miliki oleh peserta didik dalam pendidikan abad 21. Peserta didik belum terlatih menggunakan pembelajaran yang mengasah kemampuan berpikir kritis selama ini sehingga di perlukan model pembelajaran yang terfokus pada pegintegrasian antara kecakapan pengetahuan, kemampuan literasi, keterampilan komunikasi serta kemampuan mengaplikasikan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan pembelajaran, respon peserta didik serta pengaruh model Flipped classroom berbantu video edukasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi. Metode yang digunakan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Ciparay dengan sampel kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas berjumlah 25 peserta didik yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yakni video pembelajaran, lembar observasi guru dan peserta didik, soal tes kemampuan berpikir kritis dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukan keterlaksanaan pembelajaran tergolong kategori efektif dengan nilai persentase tinggi yaitu pada guru 95,55% dan peserta didik 81,1%. Respon peserta didik memiliki nilai persentase 79,8%. Rata-rata N-gain kelas eksperimen 0,52 dengan kategori sedang dan kelas kontrol 0,44 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan independent sampel t-test menunjukan nilai thitung (3,90) > ttabel (2,01) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima dengan hasil uji effect size 0,95. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Flipped classroom berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kritis; Model Flipped classroom; Sistem ekskresi; Video edukasi;
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ilvi Sobarunnisa
Date Deposited: 15 Oct 2021 05:57
Last Modified: 15 Oct 2021 05:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45088

Actions (login required)

View Item View Item