Sobarunnisa, Ilvi (2021) Pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantu video edukasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (543kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (924kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
Abstract
Berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus di miliki oleh peserta didik dalam pendidikan abad 21. Peserta didik belum terlatih menggunakan pembelajaran yang mengasah kemampuan berpikir kritis selama ini sehingga di perlukan model pembelajaran yang terfokus pada pegintegrasian antara kecakapan pengetahuan, kemampuan literasi, keterampilan komunikasi serta kemampuan mengaplikasikan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan pembelajaran, respon peserta didik serta pengaruh model Flipped classroom berbantu video edukasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi. Metode yang digunakan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Ciparay dengan sampel kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas berjumlah 25 peserta didik yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yakni video pembelajaran, lembar observasi guru dan peserta didik, soal tes kemampuan berpikir kritis dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukan keterlaksanaan pembelajaran tergolong kategori efektif dengan nilai persentase tinggi yaitu pada guru 95,55% dan peserta didik 81,1%. Respon peserta didik memiliki nilai persentase 79,8%. Rata-rata N-gain kelas eksperimen 0,52 dengan kategori sedang dan kelas kontrol 0,44 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan independent sampel t-test menunjukan nilai thitung (3,90) > ttabel (2,01) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima dengan hasil uji effect size 0,95. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Flipped classroom berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berpikir kritis; Model Flipped classroom; Sistem ekskresi; Video edukasi; |
Subjects: | Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ilvi Sobarunnisa |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 05:57 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 05:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45088 |
Actions (login required)
View Item |