Penerapan media pembelajaran Flipbook interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi sel

Rahayu, Diana (2021) Penerapan media pembelajaran Flipbook interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi sel. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi penurunan ketuntasan KKM siswa dan motivsi belajar siswa selama masa pandemi Covid-19, sehingga perlu adanya suatu media pembelajaran yang menarik yang dapat digunakan dalam pembelajaran secara virtual/online agar meningkatya motivasi belajar siswa yang akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran, menganalisis hasil belajar siswa, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran Flipbook Interaktif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pedes menggunakan metode Pre-Experimental menggunakan satu kelas yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, soal pilihan ganda, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data keterlaksanaan pembelajaran dengan media pembelajaran Flipbook Interaktif pada materi Struktur dan Fungsi Sel dapat terlaksana dengan baik, dengan rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 94% dan rata-rata keterlaksanaan aktivitas siswa sebesar 74,16%. Penggunaan media pembelajaran Flipbook Interaktif pada materi Struktur dan Fungsi Sel dapat membantu secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa sebesar N-Gain 0,43% dengan kategori sedang. Secara umum respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunaakn media pembelajaran Flipbook Interaktif pada materi Struktur dan Fungsi Sel adalah 81% dengan kategori sangat tinggi, yang meliputi indikator keefektifan penggunaan media sebesar 83,3% dengan kategori sangat tinggi, indikator media memotivasi siswa untuk memahami materi sebesar 78,3% dengan kategori tinggi, indikator bahasa dan penjelasan materi pada media sebesar 82,2% dengan kategori sangat tinggi, dan indikator keberhasilan media sebesar 81% dengan kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Flipbook Interaktif; Hasil Belajar; Media Pembelajaran; Struktur dan Fungsi Sel
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: diana rahayu
Date Deposited: 18 Oct 2021 10:06
Last Modified: 18 Oct 2021 10:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45133

Actions (login required)

View Item View Item