Apriani, Lisna (2021) Analisis literasi numerasi dalam buku tematik kelas I SD/MI kurikulum 2013 revisi 2017. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (238kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) | Request a copy |
Abstract
Literasi numerasi merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Setap aktivitas manusia selalu berhubungan dengan literasi numerasi. Literasi numerasi merupakan kemampuan individu dalam menggunakan pengetahuan, metode, fakta, dan alat matematika dalam kehidupan sehari-hari. Kemdikbud menyebutkan bahwa komponen literasi numerasi terdapat pada pembelajaran matematika kurikulum 2013. Pembelajaran pada kurikulum 2013 dengan pendekatan pembelajaran tematik. Ciri khas dari pembelajaran tematik adalah adanya buku tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek literasi numerasi dalam buku tematik kelas I SD/MI dan mendeskripsikan kesesuaiannya dengan karakteritik perkembangan siswa usia kelas I SD/MI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian kualitatif deskriptif kepustakaan dengan sumber primer buku tematik kelas I SD/MI kurikulum 2013 revisi 2017 dan sumber sekunder berupa referensi pendukung dari berbagai penelitian sebelumnya, jurnal, buku, dan litelatur lainnya yang berhubungan dengan literasi numerasi. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dengan teknik analisis data Milles dan Huberman yaitu reduksi data, data display, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan pada buku tematik kelas I SD/MI memiliki aspek-aspek literasi numerasi yang dominan, seperti pada komponen literasi numerasi paling dominan yaitu mengestimasi dan menghitung dalam bilangan bulat. Bilangan bulat tersebut merupakan bilangan bulat positif. Domain literasi numerasi yang dominan adalah berhitung, level literasi numerasi berada pada level satu dan dua, keterampilan 4C yang dominan yaitu collaboration. Selain itu terdapat KKO ranah kognitif tingkat C1, C2, C3, dan C6, serta pada ranah psikomotor ada tingkat P1, P2, dan P3. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa aspek literasi numerasi pada buku tersebut memiliki kesesuaian dengan karakteritik perkembangan kognitif dan bahasa siswa, namun aspek literasi numerasi kurang memiliki kontribusi dalam perkembangan fisik dan motorik siswa, serta belum adanya kesesuaian antara aspek literasi numerasi dalam buku tematik tersebut dengan karakteristik perkembangan psikososial anak usia kelas I SD/MI.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi numerasi; buku tematik; siswa kelas I SD/MI |
Subjects: | Elementary Education Elementary Education > Elementary Education in Indonesia Numerical Analysis |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Lisna Apriani |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 22:42 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 22:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45135 |
Actions (login required)
View Item |