Pengaruh persepsi labelisasi halal dan strategi pemasaran MLM syariah produk HNI HPAI (Halal Network International / Herba Penawar Alwahida Indonesia) terhadap keputusan pembelian pada konsumen Business Center Cikarang Utara

Kamila, Evita Farcha (2021) Pengaruh persepsi labelisasi halal dan strategi pemasaran MLM syariah produk HNI HPAI (Halal Network International / Herba Penawar Alwahida Indonesia) terhadap keputusan pembelian pada konsumen Business Center Cikarang Utara. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (667kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy

Abstract

Populasi muslim Indonesia yang jumlahnya fantastis membuat labelisasi halal menjadi kebutuhan bagi konsumen sebelum menentukan pembelian produk. Perusahaan kini berupaya memperbagus citra dan kualitas produknya melalui labelisasi halal. Persepsi konsumen akan labelisasi halal dipengarui akan faktor internal maupun eksternal yang didapat sebagai stimulus, semakin baik stimulus dari faktor tersebut, semakin baik pula persepsi sebagai nilai akhirnya. Strategi pemasaran pun menjadi faktor penting sebagai pertimbangan konsumen sebelum membeli produk. Pemasaran MLM syariah mendasari seluruh proses operasionalnya berdasarkan prinsip syariah. Salah satu permasalahan bagi badan usaha hingga kini adalah persaingan bisnis yang semakin ketat, hingga perusahaan harus menganalisa dan mengevaluasi sistem operasionalnya kembali. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat adakah pengaruh persepsi labelisasi halal dan strategi pemasaran MLM syariah produk HNI HPAI secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian konsumen Business Center Cikarang Utara dan seberapa besar pengaruhnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, untuk meneliti seberapa besar pengaruh kedua variabel tersebut terhadap keputusan pembelian produk HNI HPAI. Metode pengumpulan data dengan menyebar kuesioner dan google form kepada 100 sampel yang telah ditentukan. Hasil jawaban responden kemudian dikumpulkan dan diolah dengan SPSS 25. Setelah melalui proses pengujian data dalam penelitian didapatkan hasil bahwa persepsi labelisasi halal secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Business Center Cikarang Utara dengan indikatornya yaitu menempel pada kemasan dengan nilai thitung 4,114 > 1,991 ttabel. Demikian pula strategi pemasaran MLM syariah produk HNI HPAI secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Business Center Cikarang Utara dengan indikator yang sangat berpengaruh yaitu pembinaan mitra 4,299 > 1,991. Kedua variabel tersebut berpengaruh secara simultan dengan uji F, Fhitung menunjukan angka sebesar 12,451 dan Ftabel sebesar 3,09 artinya Fhitung > Ftabel dan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. Maka disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun hasil R square adalah 0,609, ini berarti bahwa persepsi labelisasi halal dan strategi pemasaran MLM syariah produk HNI HPAI berdampak 60,9 % terhadap keputusan pembelian pada konsumen Business Center Cikarang Utara, sedangkan 39,1% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Labelisasi halal; persepsi; pemasaran MLM syariah; HNI HPAI; keputusan pembelian
Subjects: General Management > Historical, Geographic Treatment of Market Research
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Evita Farcha Kamila
Date Deposited: 20 Oct 2021 12:59
Last Modified: 20 Oct 2021 12:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45217

Actions (login required)

View Item View Item