Putri, Elzsa Sudarisman (2021) Penerapan model pembelajaran Pengorganisasian, Penyelidikan, Presentasi dan Evaluasi (P3E) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (410kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (947kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (834kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (994kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis masih rendah digunakan oleh peserta didik di Indonesia. Hal ini mengakibatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik masih rendah. Keterampilan berpikir kritis diperlukan peserta didik untuk menghadapi perkembangan abad ke-21. Salah satu usaha untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis yaitu dengan menerapkan model pembelajaran pengorganisasian, penyelidikan, presentasi dan evaluasi (P3E). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran P3E dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran P3E pada materi usaha dan energi. Metode pre-ekperimental dengan desain one-group pretest-posttest digunakan dalam penelitian ini. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Al-Kenzie kota Bandung dengan jumlah 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa keterlaksanaan model pembelajaran P3E berjalan dengan sangat baik, persentase rata-rata aktivitas guru memperoleh 95% dan aktivitas peserta didik yaitu 89%. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t memperoleh nilai t_hitung yaitu 31,05 dan nilai t_(tabel )yaitu 2,042 (t_hitung>t_(tabel )) dengan taraf siginifikasi yaitu 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran P3E dengan nilai N-gain yang diperoleh yaitu 0,80 dan termasuk kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengorganisasian, Penyelidikan, Presentasi dan Evaluasi (P3E); Keterampilan Berpikir Kritis; Usaha dan Energi |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Elzsa Sudarisman Putri |
Date Deposited: | 23 Oct 2021 03:15 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 03:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45301 |
Actions (login required)
View Item |